DetikNews
Selasa 09 November 2010, 10:59 WIB

Aku Cinta Indonesia (ACI)

Petualang ACI Tidak Bisa Panggil \'Cewe\'

- detikNews
Petualang ACI Tidak Bisa Panggil \Cewe\
Jakarta - Budaya menjadi identitas suatu bangsa serta menjadi ciri khas dari suatu daerah. Salah satu dari kekayaan budaya ialah bahasa daerah, karena bahasa daerah menggambarkan keanekaragaman suku, budaya dan adat istiadat yang terdapat di Indonesia. Selain itu bahasa daerah juga merupakan bahasa ibu yang digunakan di daerah setempat.

\\\"Setiap daerah kan punya bahasa dan logat yang berbeda-beda. Lucu sih bahasanya, tapi sedikit gak sopan saja pas dengarnya,\\\" ujar petualang Aku Cinta Indonesia (ACI) detikcom keturunan Jawa, Endiansyah, ketika ketika dihubungi detikcom, Senin (8\/11\/2010).

Banyak pengalaman yang didapat Endi bersama Gilang Adhipratama teman satu timnya selama menjelajahi Sulawesi Utara dan gorontalo selama dua minggu. Mereka belajar bahasa setempat untuk memanggil yang lebih tua. Menurutnya waktu pertama kali mendengar tidak sopan. Bahkan sampai meninggalkan Sulawesi Utara dan Gorontalo pun, Endi tidak bisa memanggil mba dengan sebutan cewe.

\\\"Di sini kalau panggil mba (sebutan untuk kakak perempuan bagi orang Jawa-red) dengan sebutan cewe,\\\" tuturny sambil tertawa.

\\\"Kalau di Jawa kan halus, beda dengan di sini terdengar sangat tidak sopan. Masa kalau kita mau beli sesuatu panggilnya cewe-cewe. Jadi kesannya seperti lagi godain gitu,\\\" lanjut Endi.

\\\"Tapi ya sudah aku tetap panggil dengan sebutan mba saja. Dia juga tahu kok kalau aku dari Jawa, jadi gak ada masalah,\\\" sambungnya.

Pengalaman Endi dapat disimak di Jurnal Petualang ACI.




(tbs/tbs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed