ADVERTISEMENT

Priyo: Wibawa Pemerintahan SBY Runtuh di Mata Malaysia

- detikNews
Rabu, 18 Agu 2010 14:03 WIB
Jakarta - Partai Golkar mengkritik keras kegagalan diplomasi Indonesia terkait konflik di perbatasan dengan Malaysia. Wibawa pemerintah dinilai runtuh setelah insiden penembakan kapal dan penahanan sejumlah petugas DKP Kepri oleh Polisi Malaysia.

"Wibawa Pemerintah telah pudar karena insiden ini. Pemerintah yang seharusnya tegas seperti lembek menghadapi Malaysia," ujar Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Priyo makin prihatin karena ada isu bahwa Pemerintah Indonesia menyelesaikan konflik ini secara barter. Padahal tidak dikenal adanya diplomasi barter ala teroris di dunia hubungan internasional.

"Tidak ada aturan diplomasi barter. Meskipun beliau sudah membantah, kalau itu barter maka itu keliru besar," kecam Priyo.

Priyo berharap Pemerintah menambah keamanan nasional terutama di garis batas perairan. Kalau ada yang melanggar batas, tentu harus ditangkap dan diberikan sanksi.

"Ini petugas kita ditangkap oleh polisi setingkat polsek. Pengamanan harus ditingkatkan, kalau perlu kita tangkap saja setiap polisi diraja setingkat letnan yang masuk wilayah kita," tandasnya.

(van/yid)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT