Paspampres Ganti Pimpinan, Kol Inf Doni Monardo Minta Maaf Soal Rokok

- detikNews
Senin, 14 Jun 2010 13:35 WIB
Jakarta - Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berganti pucuk pimpinan. Dalam perpisahannya, Kol Inf Doni Monardo meminta maaf pada anak buahnya karena selalu keras dalam larangan merokok.

"Banyak anggota mungkin juga yang merasa tidak nyaman, banyak anggota yang ruang geraknya merasa dibatasi yang pasti terutama masalah merokok," ujar Doni Monardo dalam pidato perpisahan acara Pisah Sambut Komandan Grup A Paspampres di Mako Paspampres, Jl Tanah Abang II, Jakarta Pusat, Senin (14/6/2010).

Menurut Doni, sikap kerasnya soal larangan merokok ini semata-mata untuk menjaga kesiagaan Paspampres. "Pengamanan VIP memerlukan kesiapsiagaan. Kita harus memelihara adrenalin kita agar selalu waspada," tambahnya.

Grup A merupakan Paspampres yang mengawal keamanan Presiden dan keluarganya. Doni akan bertugas di tempat yang baru sebagai Komandan Korem 061 Surya Kencana Bogor Kodam Siliwangi.

Sementara pengganti Doni, Kol Inf Eko Margiyono mengatakan dirinya tidak pernah terpikirkan untuk masuk Paspampres sebelumnya.

"Tahun 1996 saya pernah ditanya mau atau tidak pindah ke Paspampres. Saya tidak mau ke Paspampres, tapi ucapan saya suka atau tidak suka menjalani sebagai Komandan Grup A," ujar pria yang sebelumnya bertugas di Kostrad dan Kopassus ini.

Sementara Komandan Paspampres Mayjen TNI Marciano Norman mengatakan pergantian ini dalam rangka meningkatkan kinerja untuk meningkatkan pengamanan Presiden dan keluarganya. Dalam kesempatan itu Doni dan istrinya menerima karikatur berwarna dari satuan yang akan ditinggalkannya.

(nwk/fay)