Mal dengan Skylight Terbesar di Indonesia Resmi Dibuka di Semarang

- detikNews
Kamis, 22 Apr 2010 14:24 WIB
Semarang - Mal dengan skylight terbesar di Indonesia, Paragon Semarang, resmi dibuka, Kamis (22/4/2010). Alat itu dapat menghemat penggunaan listrik cukup signifikan.

Soft opening mal yang berada di Jalan Pemuda itu dilakukan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo dan Presdir Mal Paragon, Nico Po. Selain tamu, ribuan pengunjung menyaksikan prosesi tersebut.

Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih, karena mal baru bisa menyerap tenaga kerja. "Semoga mal ini diterima baik dan dapat berkembang," katanya.

Saat sirine dibunyikan sebagai tanda peresmian soft opening, sebagian kain penutup skylight yang berada di atap mal, dibuka. Cahaya matahari langsung masuk dan ruangan terang benderang.

Skylight itu berada di ketinggian 47,6 meter atau setara dengan gedung 7 lantai. "Ini telah dicatat sebagai rekor oleh MURI," kata Nico Po.

Mal Paragon menempati lahan seluas 1,5 hektar dengan luas bangunan mencapai 110 ribu persegi. Bangunan ini terbagi dalam 13 lantai, 5 lantai untuk mal, 4 lantai untuk parkir, dan sisanya untuk hotel dan convention center.

Meski stan-stan yang ada belum sepenuhnya terisi, pengunjung cukup antusias 'jalan-jalan' di mal yang berdekatan dengan balaikota itu. Mereka berkerumun di lobi, menyaksikan pentas musik yang disediakan.


(djo/djo)