Rumah Gayus, Dulu dan Kini

- detikNews
Kamis, 25 Mar 2010 09:11 WIB
Jakarta - Siapa yang tak suka bergosip soal harta kekayaan? Alhasil, ketika Gayus Tambunan -- PNS Ditjen Pajak golongan III A yang di rekeningnya terdapat Rp 25 miliar -- jadi obrolan, propertinya pun diubek-ubek.

Properti yang cukup mencolok adalah rumah masa kecilnya di Jl Warakas I Gang 23, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Priok, Jakarta Utara. Di rumah orang tuanya itu, Gayus menghabiskan masa kecilnya.

Rumah di gang sempit itu kini tak terurus, pintu tripleksnya mengelupas. Atapnya mengelopek. Rumah itu tak berpenghuni lagi karena penghuninya telah berpindah ke rumah yang lebih bagus.

Jika kedua orangtua Gayus pindah ke Depok, Gayus memilih menetap di kompleks real estate mewah Gading Park View di Jl Boulevard Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Harga rumah paling murah di kompleks elite itu di kisaran Rp 1,5 miliar.

PT Summarecon Agung Tbk selaku pengembang perumahan tersebut, tak banyak membangun unit di kompleks tersebut. Hanya 86 unit rumah dan 38 rumah toko (rukan) di lahan seluas 5,4 hektar. Jumlah rumah yang sedikit membuat eksklusivitas dan kenyamanan benar-benar terjaga dan berimbas pada harga selangit.

Masih ada properti Gayus lainnya yang disoroti. Tetangga-tetangga Gayus di Warakas menyebutkan bahwa lulusan Diploma IV Akuntansi STAN tahun 2000 itu memiliki sebuah apartemen di Cempaka Mas, Jakarta Pusat. Gayus juga dikabarkan sering berganti mobil saat mengunjungi mertuanya di kawasan Rawa Badak. Kadang Ford Everest, kadang Mercy, BMW, atau Alphard.

Properti Gayus ini melahirkan 'decak kagum' masyarakat. Di Twitter misalnya, banyak Tweeps yang tak percaya pada fakta seorang PNS menetap di kawasan mewah Gading Park View.

Saat detikcom mencoba mengkonfirmasi kebenaran asetnya yang jadi buah bibir tersebut, Gayus tidak mengangkat handphonenya.
(nrl/gah)