ADVERTISEMENT

Ajari Soal HAM, Usman Hamid Diganjar Penghargaan Polisi

- detikNews
Rabu, 23 Des 2009 16:14 WIB
Jakarta - Kiprah Usman Hamid yang membantu memberikan pelatihan soal hak asasi manusia (HAM) pada kepolisian membuahkan penghargaan. Koordinator Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) mendapat penghargaan 'Honorary Police' dan 'Golden Police Award'

"Kalau di dalam suratnya, ini atas jasa-jasa mereka yang telah membantu kegiatan Polri dan berdedikasi, pelopor di bidang penegakan HAM serta membantu mewuwjudkan keamanan dan ketenteraman," kata Usman di Jakarta, Rabu (23/12/2009).

Penghargaan diberikan Kapolwil Priangan Kombes Pol Anton Charlian, pagi ini dalam sebuah upacara di Garut, Jawa Barat. Memang, menurut Usman, dalam 1 tahun ini, Kontras membangun kemitraan dengan lembaga kepolisian.

"Kontras dalam setahun terakhir mengintensifkan strategi advokasi dan lebih bermitra, bersinergi dengan kepolisian. Termasuk membuat program pembaruan kepolisan," terangnya.

Melalui Peraturan Kapolri yang dikeluarkan, di mana unsur HAM dikedepankan, Kontras dilibatkan dalam memberikan penyuluhan mulai bagaimana penanganan HAM, menangani demonstrasi, dan langkah penangkapan pelaku kriminal oleh pihak kepolisian yang sesuai HAM.

"Kita melakukan penyuluhan-penyuluhan dalam kesatuan wilayah, Polwil, Polwitabes, juga memberikan penyuluhan kepada para calon Kapolres di sekolah pimpinan," terangnya.

Bukan hanya itu, para perwira tinggi polisi juga ikut berpartisipasi dalam kelompok diskusi mengenai HAM. "Ada 200 lebih yang terlibat, kita melakukan briefing bersama. Ini sebagai langkah menuju pembaharuan internal kepolisian," tutupnya.

(ndr/iy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT