Surabaya Jalin Kerjasama Sister City dengan Varna, Bulgaria

- detikNews
Rabu, 25 Nov 2009 15:53 WIB
Varna - Untuk pertama kalinya kota Surabaya menjalin kerjasama Sister City dengan salah satu kota di Eropa Timur, yakni Kota Varna, Bulgaria. Kerjasama ini dituangkan dalam LoI, yang diteken kedua walikota.

Penandatangan LoI (Surat Hasrat, red) oleh Walikota Surabaya Bambang Dwi Hartono dan Walikota Varna Kiril Yordanov berlangsung di kota Varna, 24/11/2009, disaksikan Dubes RI I.R. Inkiriwang, 3 anggota delegasi Pemkota Surabaya, 3 Wakil Walikota Varna serta Direktur Kebudayaan dan anggota dewan setempat.

Disebutkan dalam Surat Hasrat bahwa kerjasama itu bertujuan untuk memajukan iktikad baik, persahabatan, saling pengertian dan juga kerjasama menguntungkan di antar-rakyat kedua kota, demikian Sekretaris III Fungsi Sosbud Protkon Aditya Timoranto kepada detikcom pagi ini Waktu Eropa Tengah.

Surat Hasrat itu juga merupakan ungkapan keinginan kedua walikota untuk membentuk kerjasama sister city demi mendorong peningkatan kerjasama di bidang ekonomi, industri dan perdagangan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, transportasi, kesehatan dan rumah sakit, kebudayaan, kesenian, serta pariwisata.

Kedua walikota sepakat untuk menindaklanjuti pelaksanaan Surat Hasrat melalui suatu Memorandum of Understanding/MoU (Nota Kesepahaman). Berkaitan dengan ini walikota Varna menyambut baik undangan walikota Surabaya untuk menandatangani bersama Nota Kesepahaman tersebut di Surabaya pada April-Mei 2010.

Kedua Walikota juga sepakat agar penandatanganan Nota Kesepahaman di Surabaya tidak bersifat protokoler, tetapi bertujuan ada tindaklanjut konkrit dari Nota Kesepahaman dimaksud. Sehubungan dengan ini, mereka bertekad untuk segera mengambil langkah-langkah persiapan bagi tercapainya tujuan tersebut.

Sementara itu Dubes RI dalam sambutan singkatnya menyampaikan selamat dan penghargaan tinggi kepada kedua Walikota atas penandatangan Surat Hasrat, karena hal ini mendukung upaya untuk lebih meningkatkan kerjasama Indonesia-Bulgaria, sebagaimana penandatanganan dua perjanjian kerjasama bilateral sebelumnya.

Kerjasama itu mengenai bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas bagi warga kedua negara yang diteken oleh Dirjen Amerika Eropa (Amerop) Deplu Duta Besar Retno L.P. Marsudi dengan Deputi Menlu Marin Raykov, serta kerjasama ekonomi Indonesia-Bulgaria, yang diteken Dirjen Amerop dengan Deputi Menteri Ekonomi, Energi dan Pariwisata Evgeni Angelov. Kedua perjanjian diteken pada pertemuan Konsultasi Politik dan Ekonomi, 19/11/2009 di Lombok.

Pelabuhan dan Kemiripan

Kunjungan ke Varna juga digunakan untuk mengadakan pertemuan dengan Direktur Eksekutif Pelabuhan Varna Danail Papazov dan sekaligus meninjau fasilitas pelabuhan tersebut.

Surabaya dan Varna merupakan kota bisnis dan kota pelabuhan kedua terbesar di negaranya masing-masing.

Kota Varna juga kota terbesar kedua di Bulgaria dengan penduduk 355.450 jiwa. Terkenal sebagai kota bisnis dengan memiliki pelabuhan laut internasional Varna yang modern dan Varna International Airport. Varna juga merupakan pusat kebudayaan dan pariwisata dan dijuluki “ibukota musim panas Bulgaria”.

Kota Varna dan Surabaya selain memiliki kesamaan sebagai kota pelabuhan dan kota bisnis yang sibuk, juga merupakan tempat markas AL dan Akademi Militer AL.

Dubes RI dan delegasi Walikota Surabaya juga melakukan pertemuan dengan Rektor Varna University of Medicine (VUM), Prof. Aneliya Klissarova, MD, PhD. Pada kesempatan tersebut Prof. Klissarova menyampaikan draf Nota Kesepahaman mengenai kerjasama VUM dengan salah satu universitas di Surabaya.

Walikota Surabaya menyambut baik draf ini dan mengharapkan akan menjadi salah satu tindaklanjut konkrit MOU kerjasama sister city Surabaya-Varna, dan akan menyampaikannya kepada Rektor salah satu universitas di Surabaya.

(es/es)