Rem Blong, TransJ Seruduk "Temannya"

- detikNews
Sabtu, 26 Sep 2009 11:41 WIB
Jakarta - Ada saja permasalahan operasional Bus TransJ. Gara-gara rem blong, penumpang TransJ Koridor VIII harus dikejutkan lantaran busnya menabrak TransJ lain yang sedang menurunkan penumpang di Halte Simprug, Permata Hijau.

"TransJ menabrak TransJ di halte Simprug Puku 10.10 WIB waktu depannya menurunkan penumpang. Supir ngakunya rem blong sehingga tidak bisa berhenti saat sampai halte," kata Asisten Manajer Pusat Kendali TransJ Bano Yogaswara, saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/9/2009).

Bano menuturkan kronologi tabrakan dua bus beda 'merek ini', akibat kecelakaan ini kedua bus rusak parah. Penumpang dialihkan dengan bus lainnya sementara kedua bus yang bertabrakan diderek ke kandangnya.

"Bus Primajasa PP15 (merah) sedang menurunkan penumpang, dibelakangnya ada bus Lorena 048 (Biru) yang tiba-tiba nubruk, alasannya remnya blong. Bus yang ditabrak sebagian mesin dan kap belakang ringsek sementara yang nabrak kaca depan pecah, tidak ada korban jiwa cuma kerugian materi," beber Bano.

Saat ini, menurut Bano, pihaknya sedang melakukan pengecekan apakah benar rem blong penyebab kecelakaan ini. Pengemudi kedua bis akan segera diperiksa oleh operator masing-masing TransJ, sanksi tegas disiapkan apabila ternyata kecelakaan disebabkan kelalaian pengemudi.

"Ini melanggar SOP, pengemudi tidak bisa mengatur jarak. Sanksi diserahkan kepada operator masing-masing, namun kemungkinan besar dipecat," tegasnya.


(van/gah)