Calon Anggota KIP Diuji Kelayakan

- detikNews
Rabu, 06 Mei 2009 12:09 WIB
Jakarta - Komisi I DPR memulai fit proper test (uji kelayakan) 21 calon anggota Komisi Informasi Pusat (KIP). Pengujian dilakukan selama dua hari, tanggal 6-7 Mei 2009.

Fit and proper test dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPR, Teo Sambuaga. Tiga peserta fit and proper test pada sesi pertama adalah Ahmad Alamsyah Saragih, Henny Widyaningsih, dan Abdul Rahman Ma'mun. Ketiganya dicecar pertanyaan oleh anggota Komisi I DPR yang hadir.

"Saya ingin menanyakan apa visi misi dan pandangan anda saat menjadi anggota KIP nantinya?, bersediakah anda keluar dari pekerjaan anda sekarang?" tanya Anggota Komisi I DPR, Andreas Parera (PKS), kepada ketiga peserta fit and proper test, di Ruang Rapat Komisi I DPR, Senayan, Jakarta.

Anggota Komisi I DPR lainnya, Hajrianto Tohari (Golkar) ingin mengetahui kemampuan calon anggota KIP dalam berorganisasi. Hal ini, menunut Tohari, diperlukan sebagai modal anggota KIP nantinya.

"Konsolidasi kelembagaan, bagaimana langkah efektifnya, motivasi bapak ibu apa?," tanya Tohari.

"Bagaimana anda membentuk organisasi yang kuat, format organisasi seperti apa ?" lanjutnya.

Ketiga peserta sesi pertama diberi kesempatan 7 menit untuk menjawab pertanyaan Komisi I DPR.

"Saya adalah dosen sehingga saya akan cuti sebagai dosen untuk full time di KIP. Demi kebenaran kita harus perjuangkan dengan cara kita, kalau perlu nyawa taruhannya," tutur Henny, menjawab pertanyaan dari Komisi I DPR.

Peserta ujian lainnya, Staff Bank Dunia, Ahmad Alamsyah Saragih, lebih santai menjawab. Alamsyah pun rela keluar dari Bank Dunia untuk membela KIP.

"Anggap saja 4 tahun tidak digaji dan masuk KIP," jawab Alamsyah.

"Saya kira sekretariat-sekretariat terkadang mempersulit arus informasi, itu yang harus kita perjuangkan," imbuhnya.

Peserta terakhir sesi pertama, Produser ANTV, Abdul Rahman Ma'mun, mengaku keluarga pesantren sehingga tidak takut apabila gaji sebagai anggota KIP kecil.

"Kebetulan saya keluarga pesantren, tidak masalah apabila turun penghasilan, karena sesuai dengan garis yang saya pilih menjadi anggota KIP," Jawab Ma'mun.

21 calon anggota KIP yang diuji kelayakan adalah sebagai berikut :

Fit and Proper Test 6/5/2009

1. Ahmad Alamsyah Saragih,
2. Henny Widyaningsih,
3. Abdul Rahman Ma'mun,
4. Anung Didik Budi Karyadi,
5. John Fresly,
6. Tiurma Sihombing,
7. Didik M. Sudi,
8. Amirudin,
9. Usman Abdhali Watik,
10. Rahmat Hadi Sucipto,
11. Bambang Parjono Widodo,
12. Aselina Endang Trihastuti,

Fit and Proper Test (7/5/2009)

13. Arif Supriyono,
14. James Pardede,
15. Azhar Zanuri,
16. Dono Prasetyo,
17. Budhi Sanyoto,
18. Dharma Budhi,
19. Ramly Amnin Simbolon,
20. Bambang Kuncoko,
21. Habsul Nurhadi,

Pengujian anggota KIP dilakukan sebagai realisasi UU 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. KIP nantinya akan bekerja sebagai penjamin kelancaran informasi publik.

(van/gah)