Ular Raksasa di Kalimantan Mirip Legenda Ular Kuno Nabau

- detikNews
Sabtu, 21 Feb 2009 15:10 WIB
Sarawak - Merebaknya foto ular raksasa yang terlihat di Sungai Baleh, Sibu, Sarawak, bagian utara Kalimatan yang masuk wilayah Malaysia, memicu pro dan kontra. Sebagian menganggap gambar ular tersebut rekayasa belaka.

Namun sebagian yakin ular raksasa tersebut memang ada. Bahkan warga setempat di pinggir sungai tersebut meyakini ular tersebut mirip dengan ular legenda kuno yang dikenal sebagai Nabau. Demikian seperti diberitakan Telegraph, Sabtu (21/2/2009).

Dalam legenda masyarakat sekitar, Nabau merupakan ular laut kuno yang bisa mengubah dirinya menjadi bentuk berbagai binatang. Menurut kepercayaan, siapapun yang melihat langsung ular tersebut bakal mendapat keberuntungan dan kekuatan hebat.

Namun salah seorang tokoh masyarakat di Kota Sibu, Edward Manjah (79) hanya tertawa melihat foto ular raksasa tersebut. Menurutnya berita mengenai kemunculan ular tersebut hanyalah berita sampah.

Belum lama ini, para ilmuwan dunia menemukan fosil ular yang lebih panjang dari sebuah bus dan beratnya sama dengan sebuah mobil sedan. Ular tersebut bisa menelan hewan seukuran kerbau. Monster sepanjang 45 kaki itu diberi nama Titanoboa.

(ita/ita)