Sebelum Membunuh Ryan Sempat Pinjam Pisau

- detikNews
Rabu, 04 Feb 2009 19:09 WIB
Jakarta - Satu hari sebelum pembunuhan Heri Santoso dengan terdakwa Veri Idham Henyansyah alias Ryan sempat meminjam 1 buah pisau ke penjaga kantin di Apartemen Margonda Residence. Namun Ryan mengaku pisau itu akan digunakan untuk memasak.

"Hari Kamis sekitar pukul 21.00 WIB tanggal 10-Juli 2008 Ryan sempat meminjam pisau," ujar Amiati (20), penjaga kantin saat memberi kesaksian di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, Jl Boelevard, Rabu (4/2/2009).

Menurut Amiati, terdakwa Ryan baru kali pertama meminjam pisau ke kantin, namun dia mengaku tidak tahu setelah itu pisau digunakan untuk apa. "Baru kali itu terdakwa pinjam pisau," katanya.

Amiati menuturkan pada saat meminjam pisau terdakwa Ryan langsung masuk ke dapur dan mengambil pisau sendiri. "Dia ambil pisau sendiri karena saya lagi sibuk," imbuhnya.

Seusai Amiati memberi kesaksian, Ketua Majelis Hakim Suwidya memberi kesempatan kepada terdakwa Ryan untuk memberi tanggapan.

Namun Ryan mengelak kalau pisau itu dipinjam pada Kamis Malam. "Saya pinjam pisau pada Rabu pagi, bukan Kamis malam," kilahnya.

Terdakwa Very Idham Henyansyah alias Ryan melakukan pembunuhan terhadap Heri Santoso pada Jumat 11 Juli 2008 dengan cara dimutilasi. (did/anw)