2 Saksi Lihat Ryan Bawa Koper

- detikNews
Rabu, 14 Jan 2009 15:50 WIB
Jakarta - Dua orang saksi mengaku melihat terdakwa Very Idham Henyansyah alias Ryan membawa satu buah koper dan satu tas tenteng lalu dimasukkan ke dalam mobil APV warna hitam.

Satpam Margonda Residence, Musliman (34), mengatakan, sekitar pukul 21.30 WIB pada Juli 2008 lalu, dia melihat Ryan keluar dari lift apartemen menuju mobil APV warna hitam yang terparkir di P2.

"Saya lihat Saudara Ryan bawa koper menuju mobil APV," ujar Musliman saat memberi kesaksian di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jl Boelevard, Rabu (14/1/2009) .

 "Kopernya seperti apa?" tanya ketua majelis hakim Suwidya.

"Seperti tempat baju," jawab Musliman.
 
Dikatakan Musliman, koper yang dibawa Ryan berukuran sekitar 50 cm x 20 cm. Setelah itu, menurut Musliman, Ryan kembali masuk ke apartemen. Selang berapa menit kemudian Ryan keluar kembali membawa tas tenteng.

"Berapa lama terdakwa keluar lagi," tanya Suwidya.

"Kira-kira sekitar 15 menit kemudian Ryan balik lagi ke P2, membawa tas tenteng," jawab saksi.

Senada dengan Musliman, Suryadi (42)  mengaku melihat terdakwa Ryan membawa koper. Dirinya juga sempat bertanya kepada Ryan. "Mau ke mana membawa koper?"

"Mau pindah ke tempat ibu di Pondok Indah," jawab Ryan.

"Kok sendirian," tanyanya lagi.

"Iya sendirian Pak, mau bantuin?" tanya Ryan kembali.

"Engga Pak, saya lagi jaga," tolak Suryadi kala itu.
 
Menurutnya, pada saat membawa koper, terdakwa Ryan tidak memperlihatkan hal-hal yang mencurigakan. "Wajahnya biasa saja," pungkasnya.

Sidang dilanjutkan 21 Januari 2009 pukul 11.00 WIB dengan agenda keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ryan diadili dalam kasus pembunuhan disertai mutilasi rekannya, Heri Santoso, dan membuangnya di sejumlah tempat di Jakarta Selatan.
(did/nrl)