DetikNews
Selasa 06 Januari 2009, 11:46 WIB

Ibunda Sri Paduka Paku Alam IX Wafat

- detikNews
Yogyakarta - Ibunda Sri Paduka Paku Alam IX, Kanjeng Bandoro Raden Ayu BRAy) Purnamaningrum wafat. Almarhumah meninggal dalam usai 90 tahun karena sakit di Rumah Sakit Umum (RSU) Panti Rapih.

Menurut salah satu kerabat Pura Paku Alaman, Tamdaru, almarhumah meninggal pada hari Selasa (6\/1\/2009) pukul 02.15 WIB di RSU Panti Rapih. Dia sudah lama menderita sakit tua sejak beberapa lama. Namun beberapa hari terakhir ini mengalami sakit sesak napas sehingga harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

"Beberapa hari terakhir kemarin, kesehatan beliau terus menurun dan menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 02.15 WIB," katanya.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan hari ini pukul 13.00 WIB di makam keluarga besar Paku Alaman di Astana Girigondo, Kokap Kabupaten Kulonprogo. Jenazah akan dimakamkan berdekatan dengan makam Paku Alam IX yang telah mendahuluinya.

"Astana Girigondo merupakan makam keluarga Paku Alaman yang terletak di sebuah perbukitan di wilayah Kadipaten Adikarto atau Kulonprogo sekarang ini," katanya.

Purnamaningrum meninggalkan delapan anak, empat laki-laki dan empat perempuan. Anak sulungnya Ambarkusumo saat ini bertahta sebagai Paku Alam IX. Dia  juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi DI Yogyakarta.




(bgs/djo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed