Aulia Pohan Ditahan KPK

- detikNews
Kamis, 27 Nov 2008 17:18 WIB
Jakarta - Setelah diperiksa untuk keempat kalinya, besan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Aulia Pohan, akhirnya ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia dibawa ke tahanan di Brimob Kelapa Dua

Aulia keluar pada pukul 17.17 WIB di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (27/11/2008). Dengan dikawal petugas KPK, Aulia menaiki 2 mobil tahanan KPK B 8593 DQ.

Selain Aulia, mantan Deputi Gubernur BI lainnya, Aslim Tadjudin, juga ditahan.

Aulia sendiri, sebelumnya sudah menyatakan siap ditahan. "Masak mau bilang nggak siap?" kata mantan Deputi Gubernur BI itu saat ditanya apakah siap ditahan.

Pengacara Aulia juga telah menyiapkan antisipasi penahanan besan SBY ini. Tim pengacara Aulia akan mengajukan penangguhan penahanan.

"Kita akan minta penangguhan penahanan kalau jadi ditahan hari ini," ujar pengacara Aulia, Syafardi.

Menurut Syafardi, KPK tidak perlu menahan Aulia. Alasannya ayah artis Annisa Pohan itu selama ini sudah bersikap kooperatif dalam memenuhi pemeriksaan KPK.

Syafardi juga menjelaskan, jangan sampai penahanan Aulia sekadar pemenuhan tuntutan masyarakat. Penahanan harus didukung dengan alasan-alasan yang kuat.

"Kalau hanya memuaskan masyarakat saja, janganlah," desaknya.

Aulia cs diduga sebagai pihak yang bertanggung jawab atas adanya aliran dana dari Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) sebesar Rp 100 miliar kepada sejumlah anggota Dewan dan pejabat Kejaksaan serta bantuan hukum bagi para pejabat BI.

Beberapa pejabat BI yang sudah menjadi terpidana seperti mantan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah yang telah divonis 5 tahun penjara dalam kasus yang sama.
(nik/ken)