DetikNews
Jumat 24 Oktober 2008, 16:53 WIB

Pilkada Kaltim

Pasangan Achmad Amins-Hadi Mulyadi Akui Kekalahan

- detikNews
Pasangan Achmad Amins-Hadi Mulyadi Akui Kekalahan
Samarinda - Jagoan Golkar,PDIP dan PKS Achmad Amins-Hadi Mulyadi mengakui kekalahannya dalam Pilkada Kaltim putaran kedua. Meski KPUD Kaltim belum menuntaskan perhitungan suara dari 13 Kabupaten dan Kota, kedua pasang kandidat Pilkada tersebut menilai hasil quick count 2 lembaga survei layak dipercaya.

''Kita ucapkan selamat kepada pasangan Awang Farouk Ishak-Farid Wadjdy,'' kata Achmad Amins saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Hotel Grand Victoria di Jl Letjend S Parman Samarinda,Jumat (24\/10).

Menurut Achmad Amins, hasil quick count Lembaga Survei Indonesia dan Lingkaran Survei Indonesia beserta perhitungan suara yang dilakukan kubunya menunjukkan prosentase kekalahan yang cukup signifikan. Sebagai
contoh, perhitungan suara yang dilakukan kubunya hingga pukul 14.00 Wita menunjukkan Awang Farouk Ishak-Farid Wadjdy memperoleh 55,76 persen ketimbang Achmad Amins-Hadi Mulyadi dengan prosentase 44,24
persen. Data tersebut diperoleh dariĀ  513.437 suara yang masuk dari total 2.301.043 orang pemilih.

''Kalau pun perhitungan manual KPUD Kaltim selesai, tidak akan terjadi pergeseran perolehan suara yang signifikan,'' ujar Amins. Kendati begitu,Achmad Amins enggan berbicara panjang lebar terkait kekalahannya, terutama di Kota Samarinda yang dipercaya menjadi basis peningkatan perolehan suara.

''Sekarang bukan bicara penyebab kekalahan, tapi bagaimana bicara Kaltim lebih baik ke depannya.Tentunya saya akan melanjutkan tugas saya sebagai Wali Kota Samarinda,'' pungkas Amins.

Sementara data resmi yang dihimpun detikcom di KPUD Kaltim hingga pukul 15.18 Wita,pasangan Awang Farouk Ishak-Farid Wadjdy terus memimpin dengan memperoleh 168.359 suara (56,01%). Sedangkan Achmad
Amins-Hadi Mulyadi hanya mendapat 132.251 suara (43.99%). Sementara suara yang tidak sah sebanyak 309.548 suara.

''Rencananya penetapan perolehan suara gubernur dan wakil gubernur terpilih dijadwalkan 7 November,'' kata anggota KPUD Kaltim Elvynai NH Gaffar kepada detikcom di kantornya.


(djo/djo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed