Jalur KA Bogor-Sukabumi Akan Difungsikan Akhir November

- detikNews
Kamis, 09 Okt 2008 14:05 WIB
Sukabumi - Jalur kereta api Bogor-Sukabumi yang mati sejak 2006 akan difungsikan lagi mulai akhir November 2008. 4 gerbong dengan total daya angkut 600 penumpang akan diberangkatkan 4 kali sehari.

"Akhir November akan kita operasikan kembali," kata Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan Wendy Aritenang di sela-sela kunjungan Ditjen Perkeretaapian ke lintasan Bogor-Sukabumi, Kamis (9/10/2008).

Berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan Ditjen Perhubungan, kata Wendy, proses pengaktifan kembali jalur tersebut sudah berjalan 90 persen. "Hanya masih ada beberapa hal yang perlu kita selesaikan," ujarnya.

Di antaranya, sepanjang rel masih terdapat pepohonan yang terlalu dekat dengan rel sehingga bisa mengganggu lintasan kereta. Beberapa rumah penduduk juga masih tampak terlalu dekat dengan rel yang sudah lebih dari 2 tahun tidak dioperasikan itu.

"Jarak minimal rumah penduduk dengan rel adalah 6 meter. Sepanjang 6 meter dari rel itu tanah milik pemerintah," terang Wendy.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, pihak Ditjen Perkeretaapian akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Pohon-pohon yang mengganggu akan ditebangi. Rumah-rumah yang terlalu dekat akan digeser.

Menurut Wendy, Pemda setempat menyambut baik pengaktifan kembali jalur ini sehingga mereka terbuka untuk diajak bekerja sama. "Mereka komit untuk membantu," ujar Wendy.

Jalur kereta api ini bisa menjadi alternatif transportasi Bogor-Sukabumi yang tergolong padat. Jika melalui jalan raya waktu tempuhnya kurang lebih 4 jam, melalui kereta api bisa dipersingkat menjadi 1-1,5 jam.

Rencananya di jalur ini akan dioperasikan kereta rel diesel (KRD) dengan 4 gerbong. Kereta yang dipakai adalah kereta lama yang sudah diperbaiki. Pemberangkatan dilakukan sebanyak 4 kali sehari, 2 dari Bogor dan 2 dari Sukabumi. Daya tampung untuk sekali angkut mencapai 600 orang. Untuk harga tiket belum diputuskan, namun diperkirakan sekitar Rp 2.500.

Setelah jalur Bogor-Sukabumi ini, rencananya Ditjen Perkeretaapian akan melanjutkan dengan pengaktifan kembali jalur Sukabumi-Cianjur dan Cianjur-Bandung. "Namun itu masih tahun depan," terang Wendy.

(sho/iy)