DetikNews
Rabu 13 Agustus 2008, 12:31 WIB

Misteri Supriyadi

Pastikan Andaryoko, Keluarga Blitar Siap Tes DNA

- detikNews
Pastikan Andaryoko, Keluarga Blitar Siap Tes DNA
Blitar - Pengakuan Andaryoko Wisnu Prabu (88), warga Pedurungan, Semarang sebagai sosok Supriyadi sangat meresahkan pihak keluarga pahlawan PETA di Blitar. Pihak keluarga mengaku siap melakukan tes DNA untuk membuktikan kebenaran pengakuan tersebut.
 
"Jika tes DNA tersebut memang diperlukan, maka kami siap untuk melakukannya," kata RK Soeroto Darmadi adik tiri Supriyadi saat ditemui detiksurabaya.com di rumahnya di Jalan Soeprijadi 46, Blitar, Rabu (13\/8\/2008).
 
Meski begitu, menurut Soeroto, pembuktian kebenaran Andaryoko sebagai sosok Supriyadi melalui tes DNA bukan satu-satunya cara. Sebab dengan melihat ciri-ciri fisik yang ada pada diri Andaryoko, sebenarnya sangat berbeda jauh dengan Supriyadi.
 
Apalagi pengakuan Andaryoko yang saat ini berumur 89 atau 88 tahun, itu sangat jauh berbeda dengan data yang dimiliki pihak keluarga. Supriyadi berdasarkan catatan keluarga lahir pada 13 april 1923, sehingga jika sekarang masih hidup, dia berumur 85 tahun.
 
"Ini kan tidak benar mas, bahkan menurut saya ini hanya lelucon saja," ujar Soeroto  sambil melihat foto Andaryoko.
 
Tak hanya itu, kebenaran Andaryoko sebagai sosok Supriyadi sebenarnya juga bisa dibuktikan dengan mempertemukannya dengan beberapa teman Supriyadi yang masih hidup. Karena tak mungkin jika seorang teman yang dulu pernah hidup bersama tidak bisa mengenali sosok Supriyadi sebenarnya.
 
Namun sayangnya, hingga hari ini belum ada kemauan dari beberapa  teman-temannya tersebut. "Tidak usah berlama-lama dengan tes DNA, karena masih ada saksi sejarah yang masih hidup dan bisa membuktikan kebenarannya," pinta dia.
 
Ditambahkan dia, untuk saat ini sebenarnya pihak keluarga telah jenuh dengan pengakuan-pengakuan seseorang yang bernama Supriyadi. Karena pihak keluarga telah meyakini bahwa Supriyadi telah meninggal dunia, meskipun jasad meupun liang lahatnya hingga kini belum ditemukan. 


(bdh/asy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed