Polri Mutasi Besar-besaran, 6 Kapolda Digeser

- detikNews
Kamis, 21 Feb 2008 13:15 WIB
Jakarta - Mutasi besar-besaran di tubuh Polri telah menggeser jabatan 27 perwira tinggi. 6 Di antaranya adalah jabatan kepala polisi daerah (Kapolda).

Pergeseran jabatan itu ditetapkan dalam telegram Kapolri nomor TR 48/II/2008 dan TR 49/II/2008, yang diperoleh wartawan pada Kamis (21/2/2008).

Irjen Pol Sisno Adiwinoto yang sebelumnya menduduki jabatan Kadiv Humas Mabes Polri, kini diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Jabatan lama Sisno akan diduduki Irjen Pol Abubakar Nata Prawira.

Selanjutnya, Irjen Pol Fransiscus Xaverius Sunarno yang sebelumnya menjabat Deputi Operasi Polri kini menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Jateng. Brigjen Pol Untung Suharsono Radjab yang menjabat Karorenmin Bareskrim Polri, diangkat sebagai Kapolda DIY.

Sementara itu, Brigjen Pol Bekto Suprapto, yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Densus 88 Antiteror, kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Pengganti Bekto adalah  Brigjen Pol Suryadharma, yang sebelumnya menjabat sebagai Dir I Keamanan Trans Nasional Bareskrim Mabes Polri.

Kombes Pol Bachrudin Ismail, yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Sumut, diangkat sebagai Kapolda Gorontalo. Brigjen Pol Ino Suripno, sebelumnya perwira tinggi di Mabes Polri (Asdep 1/IV urusan koordinasi masalah kamtibmas dan narkoba pada Kementerian Politik Hukum dan Keamanan), kini diangkat sebagai Kapolda Sumatera Barat.
(ndr/fiq)