Sejarah Sholawat Badar yang Dilantunkan Glenn Fredly

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 17:11 WIB
Glenn Fredly saat menghadiri press conference Tanda Mata Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya
Foto: Gus Mun/detikHOT/Sejarah Sholawat Badar yang Dilantunkan Glenn Fredly
Jakarta -

Video musisi Glenn Fredly melantunkan Sholawat Badar viral seiring kepergiannya pada Rabu (8/4/2020). Dalam video tersebut, Glenn Fredly terlihat melantunkan pujian pada Nabi Muhammad SAW sambil memainkan piano.

Sholawat Badar mungkin tidak asing bagi sebagian besar umat Islam karena sering dilantunkan dalam kegiatan keagamaan. Namun, hanya sedikit yang tahu syair pujian tersebut diciptakan kiai NU atau Nahdlatul Ulama.

"Sholawat tersebut ditulis Kiai Ali Manshur, saat beliau berada di Banyuwangi. Saat itu, beliau menjadi Ketua Cabang NU Banyuwangi, juga Kepala Kemenag," kata Saiful Islam yang menulis buku Sang Pencipta Sholawat Badar: KHR. Ali Manshur seperti dilansir Tim Hikmah detikcom dari detikNews.

Saiful mengatakan, Sholawat Badar ditulis pada malam hari sebelum dibacakan di depan Habib Ali Al-Habsy, Kwitang, Jakarta. Saat itu, Habib Ali datang bersama rombongan yang dipimpin Habib Hadi Banyuwangi.

Setelah itu, Sholawat Badar diperdengarkan di depan publik dalam berbagai kesempatan. Termasuk di pengajian Habib Ali Kwitang yang pesertanya ribuan orang.

Sholawat Badar ternyata punya posisi istimewa dalam sejarah bangsa Indonesia. Selama masa pemberontakan 30 September 1965, Sholawat Badar digunakan kader NU untuk menyemangati diri dan simbol pembeda dengan Lagu Genjer-Genjer. Saat itu, Genjer-Genjer identik dengan PKI.

"Kita patut bangga sebagai warga NU Banyuwangi, Sholawat Badar yang sering kita dengarkan dan kita nyanyikan ternyata merupakan karya Kiai Ali Manshur, Ketua PCNU Banyuwangi. Lagu inilah yang kemudian digunakan oleh warga NU sebagai lagu penyemangat dalam kader NU melawan PKI," ujar KH Maskur Ali, yang saat itu menjabat sebagai Ketua PCNU Banyuwangi.

Kiai Maskur berharap generasi muda terus mengamalkan dan mempopulerkan Sholawat Badar. Dengan semakin populer, maka makin banyak masyarakat yang bisa ikut membaca Sholawat Badar. Hasilnya, semakin banyak masyarakat yang mendapat berkah dari membaca Sholawat Badar.

Air Mata Penghormatan Tompi di Ibadah Pelepasan Glenn Fredly:

(row/erd)