Menlu: Belum Ada Informasi Jemaah yang Sedang Umrah Diminta Keluar Saudi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:18 WIB
Menlu Retno Marsudi menerima tim penjemput 238 WNI di Wuhan, China, yang terdiri dari kru kabin, teknisi, pilot Batik Air dan tim pendahulu atau aju.
Menlu Retno LP Marsudi (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan jemaah Indonesia yang sedang menunaikan umrah tetap bisa menjalankan rangkaian ibadah setelah Arab Saudi mengeluarkan keputusan terkait larangan sementara izin umrah. Retno mengaku belum menerima informasi adanya jemaah yang diminta keluar dari Saudi.

"Nggak apa-apa. Yang sudah sedang menjalankan umrah mereka menurut informasi sementara sekali lagi apa yang saya sampaikan berdasarkan informasi yang kami terima tentunya kadang-kadang dari sekarang sampai nanti itu ada perkembangan sehingga kalau terjadi perkembangan saya akan sampaikan. Sejauh ini saya tidak mendengar informasi bahwa yang sudah ada di sana kemudian diminta keluar, saya belum mendapatkan informasi," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (26/2/2020).

Retno mengatakan semua perwakilan Indonesia di Saudi bersiaga. Retno memerintahkan agar mereka memantau jika kemungkinan ada jemaah Indonesia yang terhenti perjalanannya.

"Jadi semua perwakilan kita yang ada di Saudi dan di wilayah Timteng semuanya dalam posisi stand by terutama yang ada di Jeddah, Riyadh tentunya karena kebijakan datang dari capital kan karena Jeddah langsung berkaitan dengan WNI yang masih ada di sana," ujar dia.

Simak Video "Saudi Setop Umrah Gegara Virus Corona, Jokowi: Kita Hormati"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2