WNI Cerita Sepinya Kota Wuhan di China yang Diisolasi karena Virus Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 15:09 WIB
Kondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus Corona. (Foto: dok. Tangkapan Layar Video YouTube Rio Alfi)
Jakarta -

Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Kota Wuhan, China, membagikan ceritanya tinggal di kota yang saat ini diisolasi akibat virus Corona itu. WNI bernama Rio Alfi tersebut memperlihatkan suasana Kota Wuhan yang sepi dalam vlog pribadinya.

Rio adalah mahasiswa S2 asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di China University of Geosciences Wuhan jurusan Applied Psychology. detikcom telah mengkonfirmasi ke Rio untuk memberitakan vlog-nya ini.

Dilihat detikcom, Jumat (24/1/2020), Rio mengawali vlog-nya dengan mengabarkan dirinya masih berada di Kota Wuhan dan belum bisa kembali ke Indonesia. Rio tampak mengenakan masker.

"Saat ini saya masih berada di Kota Wuhan, belum bisa balik ke Indonesia. Saya ingin melaporkan bahwa di Wuhan ada virus Corona. Jadi keadaan di Wuhan sekarang agak gimana gitu ya," ujar Rio.

Dalam vlog-nya, Rio tampak berkeliling Kota Wuhan mengendarai motor listrik. Rio lalu menunjukkan situasi di jalanan Kota Wuhan yang tampak sepi karena operasi transportasi umum di kota tersebut sudah dihentikan dua hari terakhir.

Kondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus coronaKondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus Corona. (Foto: dok. Tangkapan Layar Video YouTube Rio Alfi)

"Karena transportasi umum sudah dihentikan dari kemarin, baik itu bus, subway, kereta api, semuanya dihentikan. Jadi ini jalanan terlihat kosong, karena mungkin bertepatan juga dengan libur musim dingin, libur tahun baru China. Jadi beginilah keadaan di Wuhan saat ini, juga terkait dengan virus Corona yang ada di Wuhan," ujarnya.

Tampak pejalan kaki, pesepeda, dan petugas kebersihan tengah beraktivitas. Semua orang itu terlihat mengenakan masker yang disebut Rio sesuai dengan anjuran Pemerintah Kota Wuhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2