detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 08:06 WIB

504 Titik Panas Muncul di Sumatera, Sumsel Terbanyak

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
504 Titik Panas Muncul di Sumatera, Sumsel Terbanyak Foto: Chaidir/detikcom
Jakarta - Titik panas imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hari ini terdeteksi sebanyak 504 di Sumatera. Titik panas terbanyak saat ini di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Data BMKG Pekanbaru, Jumat (11/10/2019), menyebutkan 504 titik panas itu terdeteksi di level confidence 50 persen. Titik panas menyebar di Bengkuli 1, Jambi 86, Lampung 96, Babel 35, Riau 15, Sumsel 310.

Pada level confidence 70 persen di Rau, dari 15 titik panas terdeteksi 10 lokasi yang diperkirakan terjadi kebakaran. Sebaran titik panas ini ada di Kabupaten Inhil 2 dan Kabupaten Inhu 8. Imbasnya munculnya kebakaran lahan ini membuat Pekanbaru kembali diselimuti asap tipis.


"Jarak pandang di Pekanbaru 2 Km karena asap. Kabupaten Inhu jarak pandang juga 2 karena asap," kata staf analisis BMKG Pekanbaru, Sanya.

Diperkirakan, sore hari berpotensi hujan intensitas ringan bersifat tidak merata. Lokasinya berada di Kabupaten Rohil, Bengkalis, Pelalawan, Pekanbaru dan Dumai.

"Malam hati juga berpotensi terjadi hujan ringan tidak merata. Hujan intensitas ringan hingga sedang," ujar Sanya.


Walau tidak terdeteksi satelit, namun Karhutla juga terjadi di Kabupaten Kampar. Titik api muncul Desa Rimbo Panjang, Kampar.

"Tim sejak kemarin melakukan pendinginan di lokasi yang terjadi kebakaran. Kawasan semak belukar di lahan gambut terbakar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Edwar Sanger.




Tonton video Kemenkeu Siapkan Dana Pemulihan Bencana Rp 4,84 Triliun:

[Gambas:Video 20detik]




(cha/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com