detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 20:50 WIB

ACT Siapkan Dapur Umum dan Bantuan Jangka Panjang Buat Wamena

Adinda Purnama Rachamani - detikNews
ACT Siapkan Dapur Umum dan Bantuan Jangka Panjang Buat Wamena Foto: Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Jakarta - Berdasarkan laporan Aksi Cepat Tanggap (ACT), saat ini setidaknya ada 33 orang meninggal dunia, 77 orang terluka, 7.953 orang mengungsi dan 7.093 orang melarikan diri karena konflik kemanusiaan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Presiden Global Wakaf ACT Imam Akbari mengatakan terdapat dua titik krusial di Papua. Pihaknya, telah menyediakan dapur umum yang mampu memproduksi 1.000 porsi makanan setiap harinya.

Dari dana bantuan yang tersedia saat ini, pihaknya dapat membeli dua ton beras yang telah didistribusikan beserta daging dari lima ekor sapi untuk tiga titik wilayah. Namun, tentunya bantuan sandang dan pangan akan selalu dibutuhkan setiap harinya oleh masyarakat Wamena.



"ACT juga akan memberikan santunan bagi korban konflik yang meninggal dunia, hingga keluarga yang ditinggalkan. Para dermawan jangan pernah berhenti membantu, mari salurkan rezeki yang kita miliki, untuk kebutuhan saudara kita di Wamena," ucap Imam Akbari, di Cilandak Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Selain itu, ACT juga memiliki program jangka panjang untuk membantu para korban Wamena, di antaranya bantuan recovery, traumatik, untuk membangun kembali Papua melalui program wakaf.

Diharapkan dengan bantuan masyarakat ACT dapat memberikan fasilitas untuk Papua, agar semakin baik dan sejahtera sehingga masyarakat Wamena dapat menikmati indahnya hidup di Indonesia.



"ACT juga akan memberikan santunan bagi korban konflik yang meninggal dunia hingga keluarga yang ditinggalkan. Kebutuhan saudara kita bukan hanya untuk saat ini, namun juga pada saat recovery. Kami juga mengajak masyarakat muslim untuk membangun kembali Papua melalui program wakaf," ucapnya.

Imam juga menjelaskan, jika hingga saat ini masyarakat Wamena terus melakukan eksodus ke wilayah Sentani maupun pulang ke kampung halamannya masing-masing. Dengan bantuan TNI AU, setiap harinya ACT menerbangkan 50 orang di setiap enam penerbangan setiap harinya.

Untuk mengirimkan bantuan, Anda bisa menyalurkan langsung di portal indonesiadermawan.id/PeduliWamena, ataupun disalurkan melalui e-commerce maupun crowdfunding yang bekerjasama dengan ACT.
(ujm/prf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com