detikNews
2019/09/23 17:26:24 WIB

Pemprov Jambi: Banyak Buka Lahan Dibakar, Kesadaran Harus Ditingkatkan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov Jambi: Banyak Buka Lahan Dibakar, Kesadaran Harus Ditingkatkan Suasana Kota Jambi yang diselimuti kabut asap di Jambi, Jumat (13/9) (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Jakarta - Pemerintah Provinsi Jambi menyebut mayoritas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya merupakan milik masyarakat setempat. Pemprov Jambi mengimbau agar warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Memang masih rendahnya kami rasa kesadaran masyarakat kita. Karena kita lihat sesungguhnya kebakaran lahan ini banyak yang terbakar itu adalah lahan masyarakat," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jambi, A Pani Saharudin, saat diskusi 'Tanggap Bencana Karhutla' di Kemkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2019).

Pani mengatakan pihaknya terus meminta masyarakat agar tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Pani menyebut Pemprov Jambi akan meningkatkan upaya sosialisasi.


"Oleh karena itu kami sesungguhnya dari pemerintah provinsi telah mengeluarkan Peraturan Gubernur tentang Larangan Membuka Lahan dengan Membakar Lahan. Kemudian kita sosialisasi bagaimana membuka dengan tidak membakar. Kesadaran masyarakat ini memang harus kita tingkatkan," kata Pani.

Pani menjelaskan bahwa masyarakat Jambi masih melalukan pembakaran saat membuka lahan baru. Ini dilakukan karena membakar lebih murah daripada membuka lahan menggunakan alat berat.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com