21 Napi yang Kabur Usai Rusuh di Rutan Lhoksukon Kembali Ditangkap

21 Napi yang Kabur Usai Rusuh di Rutan Lhoksukon Kembali Ditangkap

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 16 Jun 2019 21:47 WIB
Foto: Rutan Lhoksukon Pasca-kerusuhan (Datuk-detikcom)
Foto: Rutan Lhoksukon Pasca-kerusuhan (Datuk-detikcom)
Jakarta - Petugas menangkap kembali 21 orang napi Rutan Lhoksukon, Aceh Utara, Aceh. Mereka kabur setelah mendobrak tiga lapis pintu rutan tersebut sore tadi.

"Petugas sipir dibantu Polres Aceh Utara berhasil menangkap kembali napi yang kabur sekitar pukul 16.00 WIB tadi. Ada sekitaran 75 orang yang kabur, 21 di antaranya berhasil kita tangkap lagi," kata Kepala Rutan Lhoksukon, Yusnal dikonfirmasi detikcom, Minggu (16/6/2019).



Yusnal mengaku kaget atas kaburnya para napi tersebut. Pasalnya, sekitar 30 menit sebelum kejadian, Yusnal masih berada di rutan tersebut.

"Saya kaget. Padahal setengah jam sebelum kejadian, saya berada di rutan. Pas saya sampai rumah, ada petugas yang bilang. Saya ke rutan lagi dan melihat mereka sudah berhamburan kabur," sebut Yusnal.

Yusnal menambahkan pihaknya bersama personel Polres Aceh Utara terus melakukan pengejaran. Tim juga sedang melakukan pemeriksaan terhadap mereka yang kembali ditangkap untuk mengetahui siapa dalangnya di balik peristiwa tersebut.

Sebelumnya, data yang dihimpun detikcom di Rutan, para napi yang diperkirakan puluhan mendobrak pintu lapas bersama-sama. Pintu yang berjumlah tiga lapis itu kemudian bobol dan para napi pun berhamburan kabur.

Personel Polres Aceh Utara yang mengetahui kejadian tersebut langsung menyebar melakukan penyisiran. Petugas pun berhasil menciduk beberapa napi yang kabur.

Tampak, napi yang berhasil ditangkap penuh lumuran lumpur. Mereka diperkirakan lari menuju perkampungan dan persawahan warga sekitar.

(knv/knv)