DetikNews
Minggu 03 Februari 2019, 13:01 WIB

Jokowi Sindir Propaganda Rusia, TKN: Strategi Trump Dipakai di RI

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jokowi Sindir Propaganda Rusia, TKN: Strategi Trump Dipakai di RI Jokowi di Surabaya (Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Heboh 'Propaganda Rusia'
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan Jokowi mempunyai data yang akurat saat berbicara soal ada tim sukses yang menyiapkan propaganda ala Rusia untuk menyebarkan hoax. TKN juga mengaitkan pernyataan Jokowi itu dengan strategi politik Presiden AS Donald Trump yang menggunakan jasa konsultan politik Rusia.

"Pertama, kalau Pak Jokowi yang ngomong pasti dengan data yang presisi tinggi. Informasi yang valid. Yang kedua, memang kan strategi menebar ketakutan, firehouse of falsehood strategi yang dimainkan oleh konsultan politik Rusia untuk Trump kan. Dan itu juga diduga akan dipakai di Indonesia. Nah itu," kata Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding saat dihubungi Sabtu (2/2/2019).


Namun Karding tidak menyebut secara jelas pihak yang menggunakan strategi Trump di Indonesia. Menurut dia, strategi tersebut sengaja dilakukan dengan menebar pesimisme dan ketakutan.

"Jadi gaya politik, fenomena politik, penebaran hoax, pesimisme, dari satu daerah ke daerah lain, beda pernyataan dan seterusnya itu bagian dari strategi. Menakut-nakuti itu bagian dari strategi," ujarnya.


Abdul Kadir Karding / Abdul Kadir Karding (Andhika Prasetia/detikcom)

Pada prinsipnya, menurut Karding, Jokowi ingin pemilu berjalan secara aman dan damai. Pesta demokrasi itu juga diharapkan jauh dari konten-konten fitnah yang memecah belah persatuan.

"Pak Jokowi orangnya ingin pemilu itu berjalan positif damai, persaudaraan tidak terlupakan, tidak saling menyerang dalam artian negatif seperti black campaign, Pak Jokowi inginnya yang positif-positif saja," ujarnya.


Seperti diketahui, Jokowi mengatakan ada tim sukses yang menyiapkan propaganda ala Rusia. Capres nomor urut 01 tersebut mengatakan perpolitikan di Indonesia dipenuhi banyak fitnah dan kabar bohong alias hoax.

Jokowi menyebut persoalan terkait banyaknya hoax dan fitnah itu karena adanya upaya adu domba ala asing yang disiapkan oleh tim sukses. Hanya, dia tak mengungkap secara gamblang tim sukses yang dimaksud.

"Problemnya adalah ada tim sukses yang menyiapkan propaganda Rusia! Yang setiap saat mengeluarkan semburan-semburan dusta, semburan hoax, ini yang segera harus diluruskan Bapak-Ibu sebagai intelektual," ujar Jokowi dalam deklarasi Forum Alumni Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2).


Simak Juga 'Serangan Balik Jokowi dan Propaganda Ala Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini
(knv/imk)
FOKUS BERITA: Heboh 'Propaganda Rusia'
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed