DetikNews
Kamis 31 Januari 2019, 20:31 WIB

Inspirasi dari Pak Slamet yang Viral Atur Motor Sesuai Warna

Guruh Nuary - detikNews
Inspirasi dari Pak Slamet yang Viral Atur Motor Sesuai Warna Viral motor dirapikan sesuai warna (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari sosok seorang satpam SMA yang viral di media sosial bernama Slamet Gunaedi. Pak Slamet ramai dibahas karena kebiasaannya merapikan motor siswa berdasarkan warna.

Sudah 19 tahun jadi satpam, Pak Slamet mengakui suka keindahan dan ketertiban sehingga dia berinisiatif merapikan motor para siswa. Baginya, itu adalah suatu tanggung jawab.

"Memang sudah tugas saya nyusun begitu. Intinya kan biar lancar, biar enak dilihat. Saya nggak mau dibilang satpam kerjaan cuma ngerokok, ngopi. Saya nggak mau. Kerjaan kan banyak, jadi nggak harus nunggu perintah. Sebagai sekuriti kan harus punya inisiatif gitu," kata Pak Slamet saat ditemui di SMAN 4 Tangerang Selatan, Kamis (31/1/2019).



Saat dijumpai, Pak Slamet sedang menjalankan rutinitasnya, yaitu merapikan motor siswa-siswa. Sendirian, Pak Slamet mengatur deretan motor sesuai warna dan mereknya. Sejak awal, para siswa sudah diingatkan untuk tidak mengunci setang motor.

Inspirasi dari Pak Slamet yang Atur Motor Sesuai WarnaPak Slamet, satpam yang viral merapikan motor sesuai warna (Guruh Nuary/detikcom)

Dulu, Pak Slamet hanya merapikan sekitar 30 motor. Sekarang, jumlahnya berlipat-lipat karena makin banyak siswa yang membawa motor. Jumlahnya, menurut Pak Slamet, mencapai 450 motor.

"Kadang kalau satpam kebanyakan rajin kalau ada bosnya. Kalau saya mah nggaklah. Mau bos lihat, mau nggak lihat, saya tetap dengan aktivitas saya merapikan. Bagi saya, mau ada motor 1.000, mau ada 1, tetap itu tanggung jawab saya," ucap pria berusia 47 tahun ini.



Tiap hari Pak Slamet siap di sekolah sejak pukul 05.30 WIB dan bekerja hingga sore. Setelah Magrib, dia berganti pekerjaan menjadi ojek online. Pak Slamet juga aktif di masyarakat membantu Bhabinkamtibmas Polsek Ciputat dan Jakarta Rescue.

"Saya standby dari pukul 05.30 WIB. Kan yang jauh-jauh mah sudah pada datang, saya nggak mau keduluan siswa sama guru. Nanti, begitu naruh motor, (siswa) terus langsung masuk kelas, kalau (motor) hilang, kan saya juga yang nempuhin, saya nggak mau begitu. Harus antisipasi, kan," ungkap Pak Slamet.

Inspirasi dari Pak Slamet yang Atur Motor Sesuai WarnaPak Slamet, satpam yang viral rapikan motor sesuai warna (Guruh Nuary/detikcom)




Kebiasaan Pak Slamet merapikan motor hingga bagaikan showroom motor ini diapresiasi oleh siswa-siswa SMAN 4 Tangerang Selatan. Mereka merasa terbantu.

"Ya enak saja dilihat ya, rapi gitu, lebih rapi. Motornya juga jaraknya nggak gede-gede banget gitu, teratur pokoknya. Apalagi beliau kan penyuka keindahan, estetika gitu," kata salah satu siswa bernama Olivia.

Semangat terus, Pak Slamet!
(imk/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed