DetikNews
Senin 28 Januari 2019, 12:24 WIB

Setengah Ton Ganja Dibakar di Balai Kota Banda Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Setengah Ton Ganja Dibakar di Balai Kota Banda Aceh Foto: Ganja dibakar (agus/detikcom)
Banda Aceh - Sebanyak 500 kilogram ganja kering siap edar dimusnahkan di halaman Balai Kota Banda Aceh, Aceh. Barang haram hasil tangkapan tiga bulan terakhir ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

Pembakaran ganja yang sudah dibungkus-bungkus itu dilakukan di halaman Balai Kota Banda, Aceh, Senin (28/1/2019). Ganja ditumpukkan di atas sebuah tempat kemudian dibakar oleh unsur Forkopimda Banda Aceh. Seketika api membumbung tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto dan sejumlah pejabat lainnya. Selain ganja, juga ada sabu yang ikut dimusnahkan.

"Ganja yang kita musnahkan hari ini sebanyak 511 kilogram yang kita ditemukan di dua lokasi," kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno kepada wartawan.

Ganja yang dimusnahkan tersebut hasil sitaan dari penangkapan tersangka di Lueng Bata, Banda Aceh dan diwilayah Aceh Besar. Dalam kasus ini, enam orang ditetapkan sebagai tersangka.

"Jadi yang kita musnahkan ini hasil tangkapan tiga bulan terakhir. Ini tangkapan dalam jumlah besar di Banda Aceh," jelas Trisno.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Banda Aceh AKP Budi Nasuha Waruwu, mengaku jumlah kasus narkoba di Banda Aceh pada 2018 lalu meningkat dibanding tahun sebelumnya. Rinciannya tahun 2017 150 kasus dan pada 2018 naik menjadi 219 kasus.

"Jumlah tersangkanya 290 sekian orang," jelas Budi.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah, mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh menjadikan semua desa di Banda Aceh sebagai desa anti narkoba. Hal ini dilakukan untuk mencegah peredaran narkoba ditingkat desa.

"Hari ini kita sudah meluncurkan desa anti narkoba. Tadi kita sudah dengar adanya peningkatan penyalahgunaan narkoba di Banda Aceh. Kita tidak boleh lalai lagi semua elemen masyarakat harus bersama untuk membasmi dan memberantas narkoba," jelas Aminullah.
(agse/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed