detikNews
Selasa 22 Januari 2019, 13:22 WIB

Hamil 5 Bulan, Suhaeriyah Selamat Saat Perahu Eretan Hanyut

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Hamil 5 Bulan, Suhaeriyah Selamat Saat Perahu Eretan Hanyut Suhaeriyah sedang hamil bulan. (Bahtiar/detikcom)
Serang - Suhaeraiyah (39) selamat saat perahu eretan di Sungai Ciujung hanyut. Perempuan ini sedang hamil 5 bulan dan selamat karena berpegangan para ranting bambu.

Ia menceritakan saat itu ada sekitar 20 orang lebih ingin menyeberangi sungai pakai perahu eretan. Kebanyakan penumpang menggunakan kendaraan roda dua.

Namun, 3 meter sebelum sandar, ada tumpukan kayu dan ranting yang terbawa air deras. Kayu kemudian menghantam kapal eretan dan langsung terbalik. Penumpang langsung tenggelam dan terbawa arus.


"Tiba-tiba miring langsung ngeguling. Saya lagi hamil 5 bulan, masih pakai helm, pake sepatu, langsung keseret terus narik pohon bambu," kata Suhaeriyah kepada wartawan di Cikeusal, Serang, Selasa (22/1/2019).

Penumpang, katanya sekitar 20 orang lebih. Mereka kebanyakan akan kerja di kawasan Cikande. Dan satu-satunya kapal eretan yang beroperasi memang ada di Cikeusal. Eretan di lokasi lain ditutup karena sungai yang deras.

"Setiap hari nyeberang lewat situ, biasanya kalau banjir memang ditutup," ujarnya.

Warga setempat, Samsuri mengatakan perahu eretan normalnya mengangkut 30 roda dua. Perahu eretan yang di Desa Katulisan satu-satunya yang beroperasi meskipun sungai sedang deras.

"Normalnya eretan buat 30 motor. Di sini doang yang dibuka sebelum hanyut. Katanya sudah tiga kali bolak-balik sebelum hanyut," katanya.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com