detikNews
Jumat 18 Januari 2019, 06:44 WIB

Sosok Baharudin Lopa yang Disebut Jokowi saat 'Dikejar' Prabowo 

Erwin Dariyanto - detikNews
Sosok Baharudin Lopa yang Disebut Jokowi saat Dikejar Prabowo  Baharuddin Lopa (Repro: sampul buku)
Jakarta -
Ketika calon presiden 02 Prabowo Subianto menyinggung soal adanya pejabat hukum dari partai politik, Capres 01 yang juga petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut nama Baharuddin Lopa. Almarhum Baharuddin Lopa adalah politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sempat menjabat Jaksa Agung.
Sebelum masuk ke politik, Baharuddin Lopa pernah menjadi jaksa, lalu berkarir di Departemen Kehakiman dengan jabatan tertinggi sebagai Dirjen Pemasyarakatam. Saat menjadi Jaksa Agung, Juni 2001 - 3 Juli 2001, dia melakukan sejumlah gebrakan. Beberapa kasus yang melibatkan orang terkenal dia bongkar, termasuk meneruskan penyelidikan kasus BLBI II. Lelaki kelahiran 27 Agustus 1935 itu juga menangani dugaan kasus korupsi kroni Presiden ke-2 Soeharto. Dia misalnya memenjarakan mantan Menteri Perindustrian Bob Hasan ke Nusakambangan.
Lopa pernah juga menyeret seorang pengusaha besar, Tony Gozal alias Go Tiong Kien yang dianggap kebal hukum. Gozal punya hubungan dengan pejabat negara. Bagi Lopa, tak seorang pun boleh kebal hukum. Gozal diseret ke pengadilan dengan tuduhan telah memanipulasi Dana Reboisasi di Departemen Kehutanan, Rp 2 miliar.
Sayang, Lopa hanya memanggul amanah tersebut selama sebulan sebelum akhirnya menghadap Yang Maha Kuasa. Dia wafat pada 3 Juli 2001 ketika tengah menjalankan umrah di Arab Saudi.
Selain Baharuddin Lopa, Marzuki Darusman yang merupakan politisi Golkar juga pernah menjadi Jaksa Agung. Kini, di era Jokowi, yang menjadi Jaksa Agung adalah HM Prasetyo dari Partai Nasdem. Sebelum menjadi politisi, Prasetyo adalah jaksa karir dengan jabatan tertinggi Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum.



(erd/jat)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com