DetikNews
Jumat 28 Desember 2018, 15:37 WIB

Mendagri Temui Bupati Pandeglang Bahas Korban Tsunami

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Mendagri Temui Bupati Pandeglang Bahas Korban Tsunami Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo bertemu Bupati Irna (Sams-detikcom)
Pandeglang - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai menemui Gubernur Banten Wahidin Halim, kali ini ia menemui Bupati Pandeglang Irna Nurlita. Ia meminta laporan singkat mengenai kondisi masyarakat di Pandeglang pasca-tsunami.

"Yang penting bagaimana menyelamatkan warga yang di pengungsian, dicermati jangan sampai ada yang sakit, kekurangan bahan makanan termasuk untuk ibu-ibu, anak-anak, bayi-bayi saya yakin ibu menetralisir semua memperhatikan sedikit apapun nasib warga," kata Tjahjo saat berdiskusi dengan Irna di Kantor Bupati Pandeglang, Banten, Jumat (28/12/2018).

Tjahjo menyebut kedatangannya tidak membawa pesan atau arahan khusus. Ia ingin memberikan semangat kepada Irna bersama para stafnya.



"Sejak hari pertama saya mengikuti lewat televisi, Ibu Bupati juga terus bekerja. Kami tegaskan tidak ada satupun staf Pemda yang tidak turun, semua turun. Kami juga hari kedua mengirimkan teman-teman Kemendagri," kata Tjahjo.

Dalam kesempatan yang sama, Irna menjelaskan secara singkat kondisi korban tsunami. Ia menyebut di Pandeglang ada wilayah terparah terdampak tsunami itu, yakni di Kecamatan Sumur.

"Yang terdampak sekali masyarakat kami keseluruhan di masyarakat Sumur. 98 orang yang meninggal," kata Irna.

Irna lantas menceritakan kesulitan yang dihadapi untuk menjangkau wilayah Kecamatan Sumur itu. Namun ia menyebut di hari kedua tsunami daerah Sumur itu sudah bisa dijangkau.



"Jalan akses memang terputus hari pertama memang belum bisa tersentuh, wisatawan belum bisa kami tolong. Hari kedua kami sudah bisa bekroordinasi dan bisa kita tangani sehingga hari kedua kita minta tolong ada TNI-Polri untuk bisa meratakan jalan tersebut dan hari kedua sore sudah mulai masuk personil kami," ungkap Irna.

Ia mengatakan saat ini petugas terus berupaya melakukan patroli agar masyarakat tidak ada yang mendekati bibir pantai. Meski patroli dilakukan setiap hari, dikatakannya tetap saja masih ada masyarakat yang ada di sekitar bibir pantai.

Selanjutnya, Tjahjo menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dari Kememdagri kepadaayrakat Banten melalui Bupati Pandeglang. Tjahjo sebelumnya juga sudah memberikan bantuan yang sama melalui Gubernur Banten.


Saksikan juga video 'Kondisi Korban Tsunami di Pandeglang Masih Trauma':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed