DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 08:43 WIB

Habib Bahar Tersangka Penganiayaan, Golkar: Bukan Kriminalisasi Ulama

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Habib Bahar Tersangka Penganiayaan, Golkar: Bukan Kriminalisasi Ulama Foto: Antara Foto
FOKUS BERITA: Sidang Bahar bin Smith
Jakarta - Habib Bahar bin Smith ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jawa Barat atas dugaan penganiayaan anak. Golkar menegaskan semua tindakan kriminal harus diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"Ini bukan kriminalisasi ulama. Hukum harus tegak kepada siapapun pihak yang telah melakukan tindakan kekerasan terhadap anak dan melanggar UU tentang Perlindungan Anak. Polisi tak boleh ragu untuk menindak pihak yang jelas-jelas melanggar hukum," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily melalui keterangan tertulisnya, Rabu (19/12/2018).

Ace yang juga Wakil Ketua Komisi VIII ini menyayangkan tindakan Habib Bahar yang videonya viral di media sosial. Dia mengatakan dugaan kekerasan tersebut bukan merupakan ajaran dari Rasulullah SAW.

"Yang dilakukan Habib Smith bin Bahar terhadap dua orang yang masih tergolong anak-anak sungguh merupakan tindakan yang jauh dari mencerminkan sikap yang diajarkan Rasulullah. Apapun alasannya melakukan tindakan kekerasan terhadap anak merupakan tindakan yang pengecut," ujar Ace.

Baca Juga: Fakta-fakta Kasus Dugaan Penganiayaan Anak oleh Habib Bahar

Ace menyayangkan perbuatan Habib Bahar sebagai pemuka agama yang jauh dari akhlak Islam. Dia mempertanyakan keluhuran ajaran agama Islam yang seharusnya dicontohkan oleh Habib Bahar sebagai pemuka agama.

"Rasulullah SAW telah mencontohkan bagaimana cara menyayangi anak, seperti menciumnya, lemah lembut, belas kasihan, menahan marah, dan memaafkan anak-anak. Kok ini malah menganiaya anak? Di mana letak keluhuran ajaran agama Islam jika kelakuan seorang pemuka agamanya seperti ini," tuturnya.

Baca Juga: Habib Bahar Ditahan, Fadli Zon: Bukti Kriminalisasi Ulama

Ace mendesak polisi mengungkap tuntas kasus terssebut. Dia meminta polisi tegas terhadap siapapun yang melakukan tindakan kekerasan terhadap anak.

"Kepolisian harus tegas kepada siapapun pihak yang telah melakukan kekerasan terhadap anak. Apalagi ini dilakukan oleh seorang yang mengaku sebagai pemuka agama," ucapnya.

Baca Juga: Aniaya 2 Remaja, Habib Bahar Berdalih Latihan Bela Diri

Sebelumnya, polisi menetapkan Habib Bahar dengan pasal berlapis yakni Pasal 170 ayat (2) KUHP, Pasal 351 ayat (2) KUHP, Pasal 333 ayat (2) KUHP, dan Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Polisi juga menetapkan empat orang lain sebagai tersangka yakni Habib Hamdi, Habib Husen Alatas, Sogih, Agil Yahya alias Habib Agil, dan H Muhamad Abdul Basit Iskandar.

Habib Bahar diduga menganiaya CAJ dan MKUAM hingga mengalami luka-luka. Selain mengalami penganiayaan, CAJ dan MKUAM diadu berkelahi serta digunduli.
(fdu/jbr)
FOKUS BERITA: Sidang Bahar bin Smith
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed