DetikNews
Kamis 06 Desember 2018, 19:36 WIB

Kronologi dan Dampak Puting Beliung di Bogor

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kronologi dan Dampak Puting Beliung di Bogor Foto: Puting beliung terjang Kota Bogor (Farhan/detikcom)
Jakarta - Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang wilayah Bogor, Jawa Barat. Peristiwa ini mengakibatkan puluhan rumah rusak dan seorang meninggal dunia.

Hujan deras dan puting beliung terjadi pada sore hari ini, Kamis (6/12/2018). Selain bangunan yang rusak, hujan juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa mobil dan sepeda motor.


Dari video yang beredar, tampak atap bangunan beterbangan dihempas puting beliung. Kondisi ini menyebabkan masyarakat histeris ketakutan.

UPT BMKG Stasiun Klimatologi (Staklim) Bogor melaporkan angin puting beliung muncul di wilayah Batutulis, Bogor Selatan, pada pukul 15.00 WIB.


Kronologi dan Dampak Puting Beliung di BogorFoto: Sejumlah pohon tumbang akibat diterjang puting beliung di Kota Bogor (Farhan/detikcom)

Berikut kronologi:

Pukul 14.30-15.30 WIB
Berdasarkan citra Satelit Himawari terpantau liputan awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus di wilayah Bogor bagian selatan. Awan tersebut dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, puting beliung serta kilat atau petir.

Pukul 15.00 WIB
Pohon tumbang dan atap rumah beterbangan. Tercatat ada empat unit mobil tertimpa pohon tumbang.


Terapatnya pusaran angin lemah di Selat Sunda sebelah barat Jawa membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) dan perlambatan angin di wilayah Jawa Barat. Kondisi ini mendukung terbentuknya suplai awan hujan di daerah Jabar.

Prakiraan cuaca mendatang masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga pukul 19.45 WIB.


"Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada, jauhi pohon-pohon yang rindang atau bangunan-bangunan yang rapuh, mengusahakan tidak keluar rumah di saat hujan lebat disertai angin kencang, petir/kilat. Bagi pengendara motor menghindari genangan air dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat disertai angin," demikian kata UPT BMKG Staklim Bogor.
(jbr/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed