DetikNews
Senin 03 Desember 2018, 13:32 WIB

Fadli: Reuni 212 Acara Terbesar di Bumi, Rugi Nggak Datang

Tsarina Maharani - detikNews
Fadli: Reuni 212 Acara Terbesar di Bumi, Rugi Nggak Datang Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan pihak-pihak yang tak ikut hadir di Reuni 212. Sebab, menurut dia, Reuni 212 merupakan acara terbesar di dunia.

Fadli bahkan membandingkan keramaian Reuni 212 dengan festival musik Woodstock, yang pernah diselenggarakan pada 1969.

"Saya kira rugilah orang-orang yang tidak datang ke acara itu. Karena itu perhelatan terbesar di planet bumi. Lebih ramai dari Woodstock," kata Fadli gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/12/2018).


Ia menilai Reuni 212 pada Minggu (2/12) kemarin juga lebih ramai daripada kegiatan 212 pada tahun sebelumnya. Fadli pun mengatakan Reuni 212 menjadi bukti kedewasaan demokrasi di Indonesia.


Menurut Fadli, massa 212 tertib dan sama sekali tak berniat menggulingkan pemerintahan. Massa 212, lanjut dia, menginginkan pergantian pemerintahan secara konstitusional. Ia membandingkan hal ini dengan Revolusi Bolshevik di Rusia pada 1917.

"Menurut saya, ini prestasi besar dalam demokrasi. Bayangkan kalau negara lain acara seperti itu, bisa terjadi revolusi. Revolusi Bolshevik saja terjadi, padahal hanya 200 ribu orang," jelasnya.

"Ini kan artinya kita sudah dewasa. Kalau mau revolusi, ya sudah selesai, tapi nggak ada niat itu. Semuanya ingin revolusi konstitusional," tegas Fadli.
(tsa/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed