DetikNews
Senin 12 November 2018, 17:46 WIB

KNKT Tetap Cari CVR Black Box Lion Air

Yulida Medistiara - detikNews
KNKT Tetap Cari CVR Black Box Lion Air Jumpa pers Kemenhub dan KNKT. (Yulida M/detikcom)
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Nasional (KNKT) sedang menyusun strategi mencari cockpit voice recorder (CVR) black box Lion Air PK-LQP. Salah satunya menerjunkan kapal yang dilengkapi ROV.

"Kita sedang mendatangkan kapal dengan disertai ROV. Di mana nanti ROV itu akan dilengkapi dengan sensor sonar, multibeam, magneto, dan sub-bottom profiling," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (12/11/2018).

Dia berharap alat tersebut efektif mencari CVR yang tertimbun lumpur. Alat tersebut bisa menangkap sinyal CVR.





"Kita akan melakukan dengan sub-bottom profiling untuk mencari benda-benda yang masih di dalam lumpur. Jadi alat ini yang kita harapkan bisa menemukan seandainya black box atau CVR masuk ke dalam lumpur kami akan bisa mendeteksi kira-kira di mana lokasi yang akan kita cari. Mudah-mudahan CVR bisa cepat kita temukan," ujar Soerjanto.

Penemuan CVR penting untuk melengkapi proses investigasi KNKT. Saat ini KNKT masih melanjutkan analisis terhadap flight data recorder (FDR).

"Karena CVR sangat diperlukan berkaitan dengan investigasi bagaimana kru mengadakan komunikasi apa yang dilakukan kru di dalam kokpit pesawat, karena informasi ini sangat penting yang kita kaitkan dengan data FDR yang kita temukan," sambungnya.


Simak Juga 'KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Black Box Lion Air':

[Gambas:Video 20detik]


KNKT Tetap Cari CVR Black Box Lion Air

(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed