DetikNews
Minggu 04 November 2018, 12:49 WIB

Gubernur Gorontalo Cerita Soal Gaji dan Tanggung Jawab Berat

Moch Prima Fauzi - detikNews
Gubernur Gorontalo Cerita Soal Gaji dan Tanggung Jawab Berat Foto: Dok APPSI
Jakarta - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan bahwa tanggungjawab Gubernur amat berat, namun gaji yang diterima tidak sesuai dengan tanggung jawab tersebut.

"Bayangkan di Gorontalo saja tugas Gubernur mengawal dan mempertanggungjawabkan APBD sebesar 1,8 Triliun, sementara gajinya hanya 8,5 juta," ungkap Rusli kepada Tim Ekspedisi dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, Minggu (4/11/2018).


Rusli menyebut karena gaji yang tidak sepadan dengan tanggungjawab Gubernur yang begitu besar tersebut, banyak kepala daerah yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Gaji pokok 8,5 juta, sementara tunjangan jabatan kurang lebih 34 Juta itu kita gunakan untuk konsumsi anak buah di rumah dinas, belum ketika bertemu dengan masyarakat kita harus siapkan dana, tiap hari juga masyarakat datang melaporkan berbagai masalah dan kebutuhannya kita juga gunakan dana itu, jadi masih sangat kurang karena uang tersebut juga tidak saya gunakan hanya untuk kepentingan pribadi," ungkap Mantan Bupati Gorontalo Utara Ini.

Dengan berkelilingnya perwakilan APPSI ke tiap provinsi, Rusli berharap aspirasi para Gubernur dapat dikawal terutama terkait pemenuhan gaji yang layak untuk para Gubernur.

"Jangan salah, para Gubernur ini bekerja, 24 jam untuk rakyat, pergi dari satu tempat ke tempat lain, setelah itu langsung rapat, bahkan di waktu libur pun kami tetap bekerja," ujar Keponakan BJ Habibie ini.

Rusli mengatakan saat ini peningkatan gaji Gubernur sedang dalam pengajuan draft ke Kementerian Dalam Negeri, ia berharap APPSI dapat mendorong agar draft tersebut bisa segera disahkan.

Sementara dalam pengelolaan keuangan daerah, Rusli Habibie telah mampu mengelola anggaran dengan baik sehingga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ia juga dikenal sebagai Gubernur yang ramah, sering blusukan dan langsung membantu rakyat kecil.

Sebagai informasi, saat ini Tim Ekspedisi Jalur Darat ke 34 Gubernur dari APPSI telah sampai di Provinsi ke-21 yakni Gorontalo. Informasi lainnya dari Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur APPSI bisa dilihat di sini.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed