DetikNews
Jumat 02 November 2018, 10:02 WIB

Data Awal Black Box Lion Air Dibuka 1 Bulan Lagi, Ini yang Diungkap

Dwi Andayani - detikNews
Data Awal Black Box Lion Air Dibuka 1 Bulan Lagi, Ini yang Diungkap FDR black box Lion Air PK-LQP (Foto: Pradita Utama)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) langsung mengunduh dan memproses data dari black box Lion Air PK-LQP yang telah ditemukan. Data pendahuluan akan diungkap ke publik tidak lama lagi.

"Sesuai acuan peraturan menteri, kami diberi waktu 1 tahun untuk menyelesaikan laporan. Tapi sebelum itu dalam jangka waktu 1 bulan, kami wajib menerbitkan apa yang disebut preliminary report yang berisi mengenai data dan fakta apa yang terjadi pada pesawat ini," kata investigator KNKT, Oni Soerjo Wibowo.



Hal itu disampaikan Oni dalam jumpa pers di Kantor KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018) malam. Preliminary report atau data pendahuluan itu akan berisi data dan fakta terkait apa yang terjadi pada pesawat tersebut namun tanpa dilengkapi analisis, penjelasan, maupun kesimpulan penyebabnya.

"Kenapa? Kami masih butuh waktu untuk melakukan banyak hal, untuk memeriksa flight data recorder," ucapnya.

KNKT menjamin prelminary report itu akan dipublikasikan. Dengan demikian, seluruh rakyat Indonesia dapat mengetahuinya.

"Publish, rakyat Indonesia wajib mengetahui data 30 hari setelah kejadian," tegas Oni.



Bagian dari black box Lion Air PK-LQP yang telah ditemukan adalah flight data recorder (FDR). Saat ini, tim di lapangan masih mencari bagian lainnya dari black box yaitu cockpit voice recorder (CVR). Jika CVR tidak ditemukan, KNKT bisa mencari cara lain untuk tetap menyelidiki penyebab kecelakaan.

"Kalau dua-duanya ketemu, itu lebih bagus. Tapi kalau tidak ada, kita masih punya banyak cara untuk meneliti kecelakaan ini kenapa terjadi," paparnya.

Oni belum bisa memastikan bagaimana kualitas data dari FDR yang ditemukan. Dia menyebut FDR itu dalam kondisi terpotong.

"Sekarang kondisinya sudah dalam keadaan terpotong. Kita masih belum tahu bagaimana service ability atau tingkat kebaikannya atau tingkat keadaannya saya masih belum tahu," pungkas Oni.


Saksikan juga video 'Cari Sebab Kecelakaan, KNKT akan Download Data Black Box Lion Air':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed