detikNews
Selasa 30 Oktober 2018, 09:39 WIB

Bantu Evakuasi Korban Lion JT 610, Polri Kerahkan 651 Personel

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Bantu Evakuasi Korban Lion JT 610, Polri Kerahkan 651 Personel Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Polri mengerahkan tim untuk membantu proses evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Sebanyak 651 personel dikerahkan.

"Sampai dengan hari ini, kita ada 651 personel yang kita kerahkan, itu terdiri dari penyelam Ditpolair, Tim Polda Metro Jaya, tim evakuasi," ujar Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto di RS Polri, Jakarta Timur, Selasa (30/10/2018).


Selain mengerahkan tim personel, Ari Dono juga mengatakan Polri telah menyiapkan 7 kapal dan juga 3 helikopter yang siap angkut. Dia juga mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh jajarannya untuk sigap membantu proses evakuasi.

"Sejak pukul 09.00 WIB mendengar hilang kontak pesawat, Bapak Kapolri langsung kerahkan kita, semua Polda di dekat penerbangan harus menyiapkan Tim SAR, mulai dari Jakarta, kemudian Jawa Barat di Karawang, Kalimantan, Banjarmasin, yang Kalimantan Tengah, Lampung, Palembang, semua Timsar stand by, setelah tahu titik jatuh Polda Jabar dengan Ditpolair langsung menuju TKP," ujarnya.


Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) sekitar pukul 06.33 WIB. Pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka-Belitung dengan membawa 189 orang di dalamnya.

Sampai saat ini tercatat ada 24 kantong jenazah yang tiba di dermaga JICT dan diberangkatkan ke RS Polri Kramat Jati. Nantinya, isi kantong jenazah itu bakal diidentifikasi oleh tim DVI.



Saksikan juga video 'Melihat Kembali Serpihan Lion Air JT 610 di Perairan Karawang':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com