detikNews
Jumat 05 Oktober 2018, 18:17 WIB

Mampir ke Cirebon, Anies Nikmati Nasi Lengko Langganan

Sudirman Wamad - detikNews
Mampir ke Cirebon, Anies Nikmati Nasi Lengko Langganan Anies Baswedan menikmati nasi lengko. (Sudirman Wamad/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sore tadi berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat. Dia mencicipi makanan khas Cirebon, nasi lengko. Seperti apa suasana kedatangannya.

Anies mampir ke warung nasi lengko langganannya di Jalan Pagongan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018). Dia mengatakan nasi lengko adalah salah satu makanan favoritnya.

Di warung makan ini, Anies lahap menyantap nasi lengko dan sate kambing. Dia mengatakan, setiap kali berkunjung ke Cirebon, dia pasti mampir ke warung ini.

Anies di CirebonAnies di Cirebon (Sudirman Wamad/detikcom)

"Sejak saya sekolah, dari SD sampai SMP. Saya kan sekolahnya itu di Yogyakarta. Kalau pulang ke Kuningan, selalu mampir ke sini dulu. Dari Stasiun Cirebon, terus naik becak ke sini," ucap Anies setelah bersantap.


Menurut Anies, nasi lengko di warung makan ini memiliki citarasa yang khas. Ia menilai nasi lengko yang ia santap memiliki porsi yang pas.

"Semuanya pas, porsinya pas. Kalau nambah, kenyang, kalau tidak nambah, kurang. Apalagi kecapnya, khas banget. Kalau ke Cirebon selalu ke sini, lengko sama sate," ucapnya.

Lebih lanjut Anies mengaku kerap merindukan nasi lengko Cirebon. Karena itu, istrinya, Fery Farhati Ganis, kerap membuat nasi lengko untuk mengobati rasa rindu Anies.


"Istri saya kalau di rumah sering membuat lengko. Berusaha dibuat mirip seperti lengko di sini," katanya seraya tersenyum.

Di Cirebon, Anies mengaku hanya mampir untuk menyantap nasi lengko. Setelah bersantap, ia melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Ada kegiatan Pemprov DKI Jakarta di Linggarjati, Kuningan. Kegiatan Korpri, acara tahunan. Tahun ini tempatnya di Linggarjati," kata Anies.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com