DetikNews
Sabtu 29 September 2018, 19:27 WIB

Penampakan Dampak Gempa dan Tsunami dari Ketinggian

Eva Safitri - detikNews
Penampakan Dampak Gempa dan Tsunami dari Ketinggian Jembatan kuning yang roboh (Foto: dok. istimewa/BNPB)
Jakarta - Gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) menimbulkan kerusakan berbagai fasilitas. Banyak bangunan roboh dan jalanan yang rusak akibat guncangan gempa dan terjangan tsunami.

Dilihat detikcom berdasarkan foto dari ketinggian yang ditayangkan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018), kerusakan terlihat jelas terjadi di sejumlah lokasi di Kota Palu.

Penampakan Masjid Apung yang roboh dan masuk ke laut pasca gempa dan tsunami di PaluPenampakan Masjid Apung yang roboh dan masuk ke laut pasca gempa dan tsunami di Palu Foto: dok. istimewa/BNPB


Salah satunya yang terlihat jelas adalah Jembatan Kuning Palu yang roboh. Terlihat reruntuhan masuk ke dalam perairan Teluk Talise yang memisahkan Palu Barat dengan Palu Utara.

Selain itu, terlihat juga Masjid Arqam Bab Al Rahman atau Masjid Apung Palu yang roboh masuk ke dalam laut. Terlihat pula reruntuhan menara ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu serta kerusakan di pelabuhan.

Penampakan menara ATC Bandara Palu yang roboh akibat gempaPenampakan menara ATC Bandara Palu yang roboh akibat gempa Foto: dok. istimewa/BNPB
Sebelumnya, BNPB menyatakan korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu berjumlah 384 orang, 540 orang luka dan 29 orang dinyatakan hilang dan sekitar 16 ribu orang mengungsi. Jumlah tersebut merupakan data sementara hingga pukul 13.00 WIB dan hanya berasal dari Kota Palu.
(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed