DetikNews
Kamis 13 September 2018, 13:38 WIB

PD soal Tudingan Asia Sentinel ke SBY: Berita Sampah!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PD soal Tudingan Asia Sentinel ke SBY: Berita Sampah! Waketum PD Syarief Hasan (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) berang dengan pemberitaan media asing Asia Sentinel yang menuding pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan pencucian uang lewat skandal Bank Century. PD menyebut artikel itu berita sampah.

"Berita sampah nggak usah ditanggapilah. Ini tahun politik, jadi itu pasti berita sampah itu. Berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," ujar Waketum PD Syarief Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Apakah Asia Sentinel sedang membunuh karakter SBY? Bagi Syarief, berita yang ditulis John Berthelsen itu tak perlu dibahas.


"Ya komentar saya itu beritanya berita sampah. Nggak usah dibahaslah. Itu kan merugikan kita semua," kata Syarief.

Asia Sentinel menulis artikel berjudul 'Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy'. Berita itu memuat tudingan adanya konspirasi pencurian uang negara lewat skandal Bank Century.

Artikel itu memuat tudingan bahwa ada pencucian uang senilai USD 12 miliar lewat bank-bank di luar negeri oleh pemerintah SBY. Berita yang ditulis John Berthelsen itu menceritakan bagaimana skandal Bank Century hingga berubah nama menjadi Bank Mutiara.


Berthelsen menulis artikel itu dengan mengacu laporan hasil investigasi setebal 488 halaman sebagai gugatan Weston Capital International ke Mahkamah Agung Mauritius pekan lalu. Artikel itu mengungkap keterlibatan 30 pejabat Indonesia.

Berita Asia Sentinel menuding Bank Century merupakan landasan untuk merampok uang negara. Penetapan Century sebagai bank gagal pada 2008 disebut hanya rekayasa. Media tersebut bahkan menyebut Bank Century sebagai 'Bank SBY'.
(gbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed