DetikNews
Selasa 11 September 2018, 13:09 WIB

UAS Bongkar Gangguan Penyebab Batal Ceramah, Zulkifli: Harus Dibela

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
UAS Bongkar Gangguan Penyebab Batal Ceramah, Zulkifli: Harus Dibela Ustaz Abdul Somad dan Ketua MPR Zulkifli Hasan (Mochamad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Ustaz Abdul Somad (UAS) mengungkap gangguan yang menyebabkan rencana ceramah di Jawa Tengah dan Jawa Timur sempat batal. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan UAS harus dibela.

"Ustaz Somad itu harus kita bela, tidak banyak ulama sekaliber Ustaz Somad, UAS," kata Zulkifli di Hotel Balairung, Jalan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (11/9/2018).


Zulkifli mengatakan UAS sebagai sosok yang mempunyai ilmu mendalam saat menyampaikan ceramah. Dia menilai ceramah UAS banyak diisi pesan persatuan sebagai bangsa Indonesia.

"Ilmunya dalam, yang disampaikan memperkuat persatuan, benar, saling menghormati," sebutnya.

Sebelumnya, pengakuan itu diungkap UAS lewat video yang beredar di media sosial, Senin (10/9). Dalam video itu, UAS berbicara saat berada di dalam mobil.

UAS menuturkan, saat akan berceramah di Kudus, Jawa Tengah, awalnya panitia menyatakan semua persiapan sudah selesai. Seusai acara, panitia baru mengatakan ada gangguan. Hal yang sama terjadi di Grobogan, Jawa Tengah. Bahkan, kata UAS, panitia mengatakan ada beberapa anggotanya yang ditangkap polisi.

"Ternyata setelah acara baru ngaku. Tadi malam itu sebenarnya banyak yang mengganggu, (panitia) ditangkap," ungkapnya.


Sementara itu, Polri menyatakan tak ada penangkapan terhadap panitia ceramah UAS di Grobogan, Jawa Tengah. Menurut Polri, Somad dipersilakan melapor jika memang merasa ada gangguan saat ceramah.

"Tidak ada penangkapan terhadap panitia pengajian Ustaz Abdul Somad tersebut," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Senin (10/9).


Simak Juga 'Ustaz Somad Naik Helikopter Saat Isi Ceramah di Sulawesi':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed