DetikNews
Senin 10 September 2018, 09:39 WIB

Golkar: Amien Rais Politisasi Rupiah

Tsarina Maharani - detikNews
Golkar: Amien Rais Politisasi Rupiah Logo Partai Golkar (Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo tak akan mampu memperbaiki pelemahan Rupiah terhadap Dolar AS yang dinilai sudah sangat terpuruk. Partai Golkar menilai pernyataan Amien merupakan politisasi Rupiah.

"Apa yang disampaikan Pak Amien Rais merupakan contoh konkret dari politisasi Rupiah," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan kepada wartawan, Senin (10/9/2018).


Ace menyesalkan pernyataan yang dilontarkan politikus senior PAN itu. Dia pun membandingkan sikap Amien dengan bakal cawapres Sandiaga Uno dalam menghadapi persoalan pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.

"Seharusnya Pak Amien Rais sebagai tokoh bangsa bukan nyinyir menghadapi masalah depresiasi mata uang rupiah atas Dolar Amerika. Masak Sandiaga Uno saja menanggapi masalah ini dengan simpatik, sementara Pak Amien mempolitisasinya?" ujarnya.

Ace kemudian menegaskan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memecahkan persoalan pelemahan Rupiah ini. Buktinya, saat ini kondisi Rupiah perlahan mulai stabil.


Namun Ace mengingatkan pemerintah tak bisa bekerja sendiri. Diperlukan dukungan positif terhadap pemerintah agar kondisi Rupiah terus membaik.

"Sekali lagi, kita perlu sinergi yang positif, kerja sama yang saling menguatkan agar perekonomian nasional kita tetap berdaulat. Kita sama-sama bekerja untuk lebih memperkuat ekonomi kita agar kembali mata uang Rupiah kembali normal," jelas Ace.

Amien sebelumnya ikut menanggapi lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat belakangan ini. Menurutnya pemerintah kerap melakukan penolakan dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mampu lagi membalikkan keadaan.

"Saya bukan ahli ekonomi tetapi memang saya perhatikan rupiah ini yang paling lemah. Jadi omongan kita bisa kuat kembali itu hampir tidak dipercaya lagi. Jadi pemerintah melakukan self denial. Selalu yang dituding itu Argentina ini karena Turki, ini sentimen global belum positif dan lain-lain lah," kata Amien, Minggu (9/9).


Simak Juga 'Amien Rais Sebut Ada Dajjal di Belakang Rezim Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed