DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 14:58 WIB

Jembatan Lapuk di Inhil, Pemprov: Itu Bukan Kewenangan Kami

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jembatan Lapuk di Inhil, Pemprov: Itu Bukan Kewenangan Kami Foto: Jembatan rusak di Inhil (chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Jembatan usang dan nyaris rubuh terdapat di Desa Teluk Kiambang, Tempuling Indragiri Hilir (Inhil) Riau. Pemprov Riau mengklaim kewenangan untuk memperbaikinya ada di Pemkab Inhil.

"Soal jembatan itu, saya sudah koordinasi dengan Dinas PU PR Riau, bahwa kewenangan dan tanggung jawabnya ada di Pemkab Inhil," kata Karo Humas Pemprov Riau, Firdaus saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (7/8/2018).

Firdaus menjelaskan, terkait keluhan masyarakat desa setempat akan kondisi jembatan lapuk tersebut, sebaiknya dikoordinasikan ke Pemkab Inhil.

"Namun, kalau memang Pemkab Inhil tidak memiliki dana untuk bangun jembatan yang baru di lokasi tersebut, Pemprov Riau siap memberikan Bankeu (Bantuan Keuangan)," kata Firdaus.

Untuk mendapatkan Bankeu tersebut, kata Firdaus, sebaiknya anggota DPRD Riau mengusulkan terlebih dahulu. Usulan dari anggota dewan, nantinya akan ditindak lanjuti Pemprov Riau agar bisa memberikan dana Bankeu.

"Mekanisme, sebaiknya anggota DPRD Riau mengusulkan ke kita terlebih dahulu. Dengan demikian, nanti akan ada alokasi Bankeu untuk pembangunan jembatan," kata Firdaus.

Terkait kondisi jembatan yang lapuk dan dikeluhkan itu, kata Firdaus, pada intinya Pemprov Riau bersedia untuk memberikan bantuan keuangan.

"Kami siap untuk memberikan Bankeu untuk pembangunan jembatan di desa itu. Namun mekanisme untuk mendapatkan Bankeu harus dijalankan, karena memang begitu aturannya," kata Firdaus.

Sebagaimana diketahui, jembatan lapuk itu sudah 10 tahun dirasakan warga desa Teluk Kiambang, di Kab Inhil. Jembatan dari batang-batang kayu itu membentang di Parit 8 yang saban hari menjadi akses utama warga desa.

Kondisi jembatan sangat mengkhawatirkan dan berisiko tinggi untuk warga yang melintas. Terutama lagi untuk anak-anak sekolah. Jembatan itu sangat miris sekali. Tiang-tiang penyanggah mulai lapuk, papan di atas jembatan disusun tak beraturan.


Anak-anak di Kampar Riau Ini Rela Menantang Maut Demi Sekolah, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Jembatan Lapuk di Inhil, Pemprov: Itu Bukan Kewenangan Kami

(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed