DetikNews
Senin 30 Juli 2018, 07:38 WIB

Tim Gabungan Lanjutkan Evakuasi Pendaki yang Terjebak di Rinjani

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Tim Gabungan Lanjutkan Evakuasi Pendaki yang Terjebak di Rinjani Tim gabungan melanjutkan evakuasi para pendaki yang masih terjebak di Gunung Rinjani. Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Lombok - Tim gabungan TNI, Polri hingga Basarnas menggelar apel persiapan untuk melakukan evakuasi terhadap sejumlah pendaki yang masih terjebak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada ratusan pendaki yang dilaporkan masih terjebak di gunung usai gempa 6,4 Skala Richter di NTB.

Apel digelar di kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018). Puluhan personel gabungan tampak berjajar mendengarkan arahan dari para pimpinan.


Karo Ops Polda NTB Kombes DPM Jaya mengatakan proses evakuasi yang dilakukan hari ini merupakan evakuasi lanjutan setelah tim mencoba untuk membuka jalur bagi para pendaki pada Minggu 29 Juli 2018.

Berdasarkan data dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono, ada 266 pendaki yang diduga masih di kawasan Gunung Rinjani. Sedangkan 554 orang pendaki sudah berhasil turun dari kawasan usai gempa 6,4 SR di NTB.


"Untuk proses evakuasi ini, kami mengirimkan personel evakuasi ke atas tapi kemarin sudah ada juga di situ, sementara buka jalur kurang lebih yang 500-an," ujar DPM Jaya.

Dia berharap para pendaki itu segera diselamatkan. Segala upaya dilakukan agar tim bisa mengevakuasi para pendaki. "Mudah-mudahan bisa buka jalan sehingga memudahkan untuk turun," tuturnya.


Begini Kepanikan Para Pendaki Gunung Rinjani Saat Diguncang Gempa:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/aan)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed