DetikNews
Minggu 29 Juli 2018, 13:47 WIB

PMI Bali Siagakan Tim Medis untuk Bantu Tangani Gempa NTB

Nandhang Astika - detikNews
PMI Bali Siagakan Tim Medis untuk Bantu Tangani Gempa NTB Foto: dok. PMI Bali
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Denpasar - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menyiagakan tim medis atau tenaga kesehatan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tim kesehatan ini diminta oleh PMI Pusat untuk bersiaga dan siap diberangkatkan sewaktu-waktu ke lokasi kejadian.

"Kita sudah dapat alert dari PMI Pusat untuk menyiagakan tim medis. Jadi posisi PMI Bali baru sebatas permintaan untuk menyiagakan tim kesehatan darurat," kata Humas PMI Provinsi Bali Taufan Kristanto, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (29/7/2018).



Pada prinsipnya, lanjut Taufan, pihaknya telah siap untuk terjun dalam misi kemanusiaan ini. Namun ia tetap berkoordinasi dengan semua pihak terkait pemberangkatan tim medis maupun relawan.

"Untuk kebutuhan relawan, sejauh ini belum ada permintaan dari PMI NTB. Jadi pergerakan baru akan dilaksanakan jika PMI NTB kewalahan dalam penanganan tanggap darurat gempa yg ada," terangnya.



Berdasarkan data sementara akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter ini mengakibatkan 10 orang meninggal dunia dan 40 orang luka-luka. Korban diantaranya adalah wisatawan asing asal Malaysia.

Sebelumnya gempa terjadi di lokasi 8.26 LS,116.55 BT (28 km Barat Laut Lombok Timur - NTB), dengan kedalaman 10 Km. Hingga pukul 10.30 WIB telah terjadi 79 kali gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan gempa lebih kecil.



Tonton juga 'Doa Netizen Dunia untuk Gempa di Lombok, Bali dan Sumbawa':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/bag)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed