DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 16:17 WIB

Survei LSI: Moeldoko hingga Tito Ideal Jadi Cawapres Jokowi

Zunita Amalia Putri - detikNews
Survei LSI: Moeldoko hingga Tito Ideal Jadi Cawapres Jokowi LSI Denny JA merilis nama-nama capres-cawapres yang dinilai ideal (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) bagi Joko Widodo (Jokowi) masih misteri. Namun berbagai survei mulai merilis nama-nama tokoh yang dinilai ideal bagi Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019. Siapa saja?

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis sejumlah nama cawapres bagi Jokowi dengan latar belakang yang berbeda-beda mulai dari politik, hukum, hingga ekonomi. Survei ini dilaksanakan pasca Pilkada dari 28 Juni sampai 5 Juli 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan responden 1.200 orang. Survei ini memiliki margin of error +- 2,9 persen. Survei ini juga dilengkapi dengan focus group discussion, analisis media dan wawancara mendalam.


Survei dilakukan simulasi pertanyaan ke publik mengenai isu pemerintahan yang kuat untuk menumbuhkan ekonomi, menghasilkan pemerintahan yang bersih, dan menghasilkan pemerintahan yang menjalankan HAM. Dari beberapa isu tersebut hasilnya tertinggi 80,7 persen publik mengutamakan isu pemerintahan yang kuat dan isu pertumbuhan ekonomi.

"Secara umum mayoritas 80,7 persen publik mengatakan mereka mengutamakan isu pemerintahan kuat, untuk isu menghasilkan pemerintah yang bersih angkanya ada di 75,5 persen, sedangkan untuk isu pemerintahan yang menjalankan Hak Asasi Manusia jumlah pemilihnya 67,5 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (10/7/2018).

Dari beberapa kategori itu, LSI merilis hasil survei cawapres ideal bagi Jokowi dari 4 kategori yaitu parlemen, ekonomi, hukum, dan agama. Berikut cawapres hasil survei LSI dari kategori parlemen dan hukum:


Cawapres Jokowi agar kuat di parlemen (kategori partai politik):

1. Airlangga Hartarto (Ketum Golkar) 35,7 persen
2. Muhaimin Iskandar (Ketum PKB) 21,5 persen
3. Romahurmuzy (Ketum PPP) 16,0 persen
4. Lainnya 22, 7 persen
5. Tidak tahu/tidak jawab 17,3 persen

Cawapres Jokowi agar kuat di hukum:

1. Kapolri Jenderal Tito Karnavian 32,6 persen
2. Kepala Staf Presiden Jenderal (Purn) Moeldoko 29,04 persen
3. Menko Polhukam Wiranto 25,7 persen
4. Lainnya 7,1persen
5. Tidak tahu/tidak jawab 5,6 persen
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed