detikNews
Senin 11 Juni 2018, 19:29 WIB

Tips KPAI agar Anak Nyaman Saat Mudik Lebaran

Haris Fadhil - detikNews
Tips KPAI agar Anak Nyaman Saat Mudik Lebaran Ketua KPAI Susanto (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberi tips kepada pemudik yang membawa anak. Menurut KPAI, ada sejumlah cara agar anak nyaman dalam perjalanan mudik.

"Pertama, pastikan anak disiapkan mainan secukupnya agar nyaman selama dalam perjalanan. Kedua, pastikan orang tua secara kreatif menceritakan keunggulan atau sejarah khas, daerah-daerah yang dilewati saat mudik agar anak mendapatkan khazanah edukasi," kata Ketua KPAI Susanto dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Senin (11/6/2018).


Ketiga, ia meminta orang tua tidak membiarkan anak bermain gadget secara berlebihan. Alasannya, gadget bisa memberi dampak negatif.

Kemudian, Susanto meminta orang tua memastikan kondisi kesehatan anak-anaknya. Salah satunya dengan memastikan konsumsi makanan dan minuman yang sehat serta memberi vitamin.


"Pastikan anak beristirahat cukup agar tidak kelelahan. Jika anak terlihat lelah saat perjalanan, bisa memanfaatkan rest area untuk beristirahat dan mendapatkan suasana baru," ucapnya.

Selain itu, Susanto menyarankan kepada orang tua untuk mengajak anak mengobrol sambil menunjukkan pemandangan yang menarik. Jika anak mulai terlihat tidak nyaman, dia meminta orang tua mengalihkan fokus si anak pada hal yang positif dan menghibur.

Terakhir, dia meminta orang tua tidak memarahi anak atau mengadili anaknya jika menangis. Tujuannya, agar anak tetap nyaman saat perjalanan mudik.

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com