DetikNews
Rabu 25 April 2018, 13:37 WIB

Kebakaran Sumur Minyak di Aceh Timur Disorot Dunia

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kebakaran Sumur Minyak di Aceh Timur Disorot Dunia Kebakaran sumur minyak di Aceh Timur (Foto: Dok. Istimewa)
Aceh Timur - Kebakaran sumur minyak di di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, Aceh, disorot dunia. Sejumlah media asing mengabarkan tentang ledakan sumur minyak yang menewaskan 11 orang tersebut.

Media Reuters menulis berita itu dengan judul "Fire at oil well in Indonesia's Aceh kills 10, injures 40". Dalam artikelnya Reuters mengutip pernyataan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho soal jumlah korban dan Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro soal dugaan pengeboran minyak ilegal.

Di akhir artikelnya, Reuters menuliskan aktivitas pengeboran ilegal semacam ini biasa terjadi di Aceh, di mana Pertamina mengoperasikan ladang minyak. Sementara media Australia, news.com.au menulis artikel "Numerous deaths and injuries in illegal Indonesia oil well fire".


Media Australia itu menuliskan peristiwa ini terjadi satu bulan setelah insiden tumpahan minyak di Kalimantan Timur yang menyebabkan pemerintah Indonesia menyatakan keadaan darurat.

Tak hanya media barat, media Asia juga seperti Xinhua dan Channel News Asia juga memberitakan kebakaran di sumur minyak tersebut. Media Timur Tengah, seperti Gulfnews dan Arab News juga memberitakan ledakan sumur minyak tersebut.

Media Arab News dalam artikel "At least 10 killed, dozens injured in illegal Indonesia oil well fire" juga menyoroti maraknya penambangan minyak ilegal yang dilakukan penduduk Aceh.


Ledakan sumur minyak ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari tadi saat warga ramai-ramai menggali lokasi keluar minyak. Akibat ledakan ini, 11 orang tewas dan 43 orang lainnya mengalami luka berat.

Para korban luka berat sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Zubir Mahmud di Idi Rayeuk, Rumah Sakit Graha Bunda di Idi Rayeuk, dan Rumah Sakit Umum Sultan Abdul Azis Syah di Peureulak.

Sumur minyak yang meledak ini diduga milik warga setempat bernama Nazaruddin. Dalam insiden ini, Nazar dan 10 orang warga lainnya tewas.


(ams/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed