DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 17:07 WIB

Pilwalkot Serang, Pasangan Agus-Samsul Gagal Maju Jalur Independen

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Pilwalkot Serang, Pasangan Agus-Samsul Gagal Maju Jalur Independen
Serang - KPU Kota Serang kemungkinan tak meloloskan pasangan perseorangan Agus Irawan Hasbullah dan Samsul Bahri sebagai peserta Pilwalkot 2018. Rekapitulasi verifikasi di lapangan, pasangan ini tak memenuhi syarat perbaikan jumlah dukungan.

Di tahap perbaikan, pasangan ini menyerahkan jumlah dukungan 58 ribu dukungan. Namun, usai diverifikasi administrasi oleh KPU, yang memenuhi syarat hanya sampai 23.213.

Dari 23.213 dukungan itu, KPU lalu melakukan verifikasi faktual pada 5 Februari 2018. Di verifikasi faktual ini, KPU meminta tim sukses mengumpulkan pendukung untuk diverifikasi. Sayangnya, sampai waktu yang telah ditentukan tim sukses dan pendukung yang menyerahkan KTP tak juga datang.

Karena tak mengumpulkan pendukung saat verifikasi faktual, pleno dukungan perbaikan pasangan Agus Irawan-Samsul Bahri dinyatakan nol di setiap kecamatan. KPU akhirnya menyatakan bahwa pasangan ini hanya berhasil mengumpulkam dukungan 9.468. Jumlah tersebut berdasarkan jumlah dukungan yang diberikan pasangan ini pada tahap pertama di Desember 2017.

"Ada syarat pencalonan yang tidak terpenuhi. Nanti penetapannya tanggal 12 Februari," kata Komisioner KPU Kota Serang Fierly Mabruri kepada wartawan usai pleno hasil verifikasi perbaikan dukungan, Banten, Jumat (9/2/2018).

Pihak KPU mempersilahkan pasangan perseorangan Agus Irawan dan Samsul Bahri menggunakan hak hukumnya. Termasuk menyatakan keberatan atau gugatan kepada pihak Panwaslu.

Sementara itu, Agus Irawan sendiri mengaku keberatan dengan hasil pleno yang dilakukan KPU. Ia berjanji akan melakukan upaya hukum termasuk ke pihak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Ia mengaku kecewa atas verifikasi yang dilakukan oleh pihak KPU.

"Saya minta bapak harus tinjau kembali. Saya bukan mencari masalah. Saya ingin membenahi Kota Serang bukan merampok Kota Serang," katanya.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed